Walikota Apresiasi Kinerja Gampong Blang Poroh

SAPU LIDI- Sekretaris BUMG Mudah Rezeki Blang Poroh, Ramli AR, menyerahkan sapu lidi kepada Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Jumat kemarin. FOR RAKYAT ACEH

LHOKSEUMAWE (RA) – Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, merasa bangga dan memberikan apresiasi terhadap kemajuan Gampong Blang Poroh, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe.

Selama ini kinerja aparatur Gampong Blang Poroh sangat baik dalam mengelola Dana Desa (DD) sejak tahun 2015 hingga sekarang.

Apresiasi dan kebanggaan Walikota Suaidi Yahya itu disampaikan saat melakukan Saweu Gampong, ke Gampong Blang Poroh, Jum’at sore (13/12) lalu. Dalam kunjungan itu, turut didampingi oleh Sekda T.Adnan, anggota DPRK Fraksi Partai Aceh, Faisal Hadi, DPMG Lhokseumawe. Kemudian, juga hadir Camat Muara Dua, Heri Maulana, Kapolsek Muara Dua, Ipda Slamet, Danramil Muara Dua, Peltu Ilham.

Kehadiran Walikota bersama rombongan disambut oleh Plt Keuchik Blang Poroh, Muslem, Sekdes Jamaluddin, Petua Peut Razali, para Kepala Dusun, aparatur gampong, pengurus BUMG Mudah Rezeki Blang Poroh dan lainnya.

Plt Keuchik Blang Poroh, Muslem, mengatakan, Walikota sangat bangga dengan kemajuan Blang Poroh selama ini. Apalagi, dapat mengelola BUMG dengan baik dan Walikota berjanji akan kembali ke Blang Poroh tahun depan untuk melihat perkembangan gampong lebih baik dari tahun 2019.

“Kita memberikan informasi kepada Walikota dan rombongan tentang penggunaan dana desa di Blang Poroh dari tahun 2015 hingga sekarang,”ucapnya. Kata Plt Keuchik ini yang juga eks kombatan GAM, selama dana desa dikucurkan sudah banyak dilakukan pembangunan sarana dan prasarana gampong.

“Pak Wali juga menyarankan jika pembangunan dengan dana yang besar-besar bisa diusulkan langsung melalui Musrenbang lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Kota (APBK),”ujarnya. Sedangkan, untuk perbaikan ekonomi dan peningkatan/pendapatan tambahan masyarakat gampong Blang Poroh ditekankan untuk menggunakan dana desa.

Untuk kreatifitasnya disarankan oleh Walikota dapat berkoodinasi dengan Perusahaan Daerah Pembangunan Lhokseumawe (PDPL),”tambah Plt Keuchik. Selain itu, ia juga meminta rekomendasi atas produk Home industri Penyapu Lidi agar bisa di pasok oleh Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Lhokseumawe sebagai bentuk dukungan pemasaran produk.

Sementara itu, Sekdes Blang Poroh, Jamaluddin, SE, mengatakan, dirinya mengucapkan Alhamdulillah Blang Poroh terpilih sebagai gampong yang di kunjungi oleh Walikota bersama rombongan. “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami aparatur gampong Blang Poroh, atas kunjungan orang nomor satu di Lhokseumawe,”ujar Jamaluddin, dalam relisnya kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Bahkan, Walikota juga mengepresiasikan kinerja Pemerintahan Gampong Blang Poroh. Untuk tahun 2020, Walikota mengharapkan Pemerintah Gampong Blang Poroh bisa meningkatkan program pemberdayaan ekonomi yang menyentuh masyarakat lemah dan kecil.

Dalam pertemuan itu, Sekda Lhokseumawe, T. Adnan, juga menyampaikan kepada aparatur gampong Blang Poroh, supaya setiap pekerjaan dengan menggunakan dana desa harus sesuai dengan RAP. “ Jangan sampai ada temuan saat dilakukan pemeriksaan, kerjakalah sesuai rancangan anggaran pembangunan,”tegas Sekda T.Adnan, SE.

Selain itu dalam disela-sela kunjungan Walikota, Anggota DPRK Lhokseumawe, Fraksi Patai Aceh Faisal, juga menyerahkan bingkisan berupa kipas angin untuk Blang Poroh.

Sementara dari Gampong Blang Poroh juga menyerahkan hasil karya masyarakat yakni sapu lidi kepada Walikota, Sekda, Anggota DPRK Faisal dan lainnya. (arm/msi)