Mohammed Salah bersama pemain Liverpool lainnya menaiki tangga pesawat yang akan menerbangkan skuad Liverpool menuju Doha, Qatar, kemarin. (LIVERPOOL FC/TWITTER)

Harianrakyataceh.com – Liverpool membawa skuad terbaik dalam Piala Dunia Antarklub 2019. Dari daftar 20 pemain yang dibawa pelatih Juergen Klopp menuju Doha, Qatar, kemarin (15/12), praktis hanya bek tengah Dejan Lovren yang ditinggal. Itu pun dilakukan karena Lovren mengalami cedera lutut saat menghadapi RB Salzburg dalam matchday pemungkas fase grup Liga Champions pertengahan pekan lalu (11/12).

Klopp juga memutuskan tetap mengikutsertakan Georginio Wijnaldum meski gelandang timnas Belanda itu mengalami cedera otot paha kiri saat melawan Watford Sabtu malam (14/12). Dalam laga yang dimenangi The Reds dengan skor 2-0 tersebut, Gini –sapaan Georginio Wijnaldum– meninggalkan lapangan dengan kesakitan pada menit ke-59.

Liverpool sejatinya mendaftarkan 23 pemain di Piala Dunia Antarklub 2019. Selain Lovren, striker Rhian Brewster dan gelandang Harvey Elliot adalah dua ”korban” lain dari jawara Liga Champions Eropa tersebut. Di sisi lain, gelandang bertahan Fabinho yang cedera engkel memang tidak didaftarkan. ”Brewster dan Elliot sengaja ditinggal untuk membantu Liverpool yang menghadapi Aston Villa dalam perempat final Piala Liga Rabu nanti (18/12),” tulis Liverpool Echo.

Brewster dan Elliot bakal tergabung dalam Liverpool U-23 yang dipersiapkan melawan Villa. Pelatih Liverpool U-23 Neil Critchley telah ditunjuk menjadi penanggung jawab tim dalam ajang bernama lain Piala EFL tersebut. ’’Ini akan menjadi kesempatan yang luar biasa untuk kami semua di skuad U-23. Saya sangat antusias menanti apa yang akan dilakukan anak-anak di lapangan melawan tim sekelas Aston Villa,’’ tutur Critchley kepada This Is Anfield.

Di Piala Dunia Antarklub, Liverpool sudah ditunggu wakil CONCACAF asal Meksiko CF Monterrey di semifinal pada Kamis dini hari (19/12). Monterrey melaju setelah menang 3-2 atas tim tuan rumah asuhan Xavi Hernandez, Al Sadd, di Stadion Jassim bin Hamad kemarin. ”Kami seharusnya ada di sana (semifinal Piala Dunia Antarklub, Red) untuk menghadapi tim terbaik Eropa. Tapi, inilah sepak bola. Meski kami bermain bagus 30 menit terakhir, Monterrey berhak lolos,” kata Xavi kepada Record.

Slot semifinal lainnya mempertemukan juara Copa Libertadores Flamengo (Brasil) melawan kampiun Liga Champions Asia Al Hilal (Arab Saudi) pada Rabu dini hari (18/12).

Skuad Liverpool ke PD Antarklub
Kiper: Alisson Becker, Adrian San Miguel, Andy Lonergan
Belakang: Virgil van Dijk, Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold, Andy Robertson, Neco Williams
Tengah: Georginio Wijnaldum, James Milner, Naby Keita, Jordan Henderson, Alex Oxlade-Chamberlain, Adam Lallana, Xherdan Shaqiri
Depan: Roberto Firmino, Sadio Mane, Mohamed Salah, Divock Origi

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : dra/dns