Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 20 Dec 2019 12:24 WIB ·

Disabilitas Dapat Bantuan Kendaraan Tiga Roda


 Marzuki L, (48) warga Desa Pasi Janeng, Kecamatan Woyla Timur, usai menerima bantuan kendaraan disabilitas dari tangan Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS, di Meulaboh. Rakyat Aceh/Denny. Perbesar

Marzuki L, (48) warga Desa Pasi Janeng, Kecamatan Woyla Timur, usai menerima bantuan kendaraan disabilitas dari tangan Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS, di Meulaboh. Rakyat Aceh/Denny.

MEULABOH (RA) – Senang bercampur haru, kaum disabilitas ketika menerima bantuan sepeda motor tiga roda dari Dinas Sosial Aceh Barat. Ada harapan kehidupan baru dari perputaran roda kendaraan itu. Mata pencarian baru untuk menafkahi keluarga mereka.

“Alhamdulillah, bantuan sepeda motor ini sangat bermanfaat. Saya terima saran dari bupati meminta agar kendaraan ini dapat dimanfaatkan mengangkut berbagai komoditi hasil panen di kampung untuk dijualkan ke Meulaboh,” respon Marzuki L. (48) warga Desa Pasi Janeng, Kecamatan Woyla Timur, usai menerima bantuan dari tangan Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS, Jum’at (20/12), di Meulaboh.

Marzuki, anak perkampungan pelosok Aceh Barat yang masa pertumbuhannya tidak stabil, seperti anak pada umumnya. Kisahnya, saat ia berusia dua tahun, dirinya terserang panas tinggi hingga bagian tubuh muncul cacar di sana-sini.

Salah satu benjolan cacar paling besar tumbuh pada paha bagian kirinya, hingga saat pecah menyebabkan kakinya tak bisa lurus, melainkan melengkung layu, sampai kini.

Kondisi kaki tak normal demikian, tak membikin Marzuki prustrasi dan pasrah. Ia terus berusaha untuk hidup normal seperti orang pada umumnya, agar keberadaannya tidak menyusahkan orang lain.

Ketika menikah dengan Masyitah dan memperoleh tiga orang anak, ia terus berusaha keras menjadi seorang Ayah yang penuh tanggung jawab.

“Saya memang enggak mampu kerja yang berat-berat, tapi saya akan terus bekerja keras agar dapat menafkahi keluarga saya,” optimisnya.

Solusinya, ia mengelola lahan tidur menjadi sawah dan kebun. Selanjutnya menawarkan jasa merawat ternak sapi/kerbau milik orang.

“Saya ada cukup uang untuk membiayai pendidikan tiga orang anak, dari hasil menawarkan jasa menggembala kerbau itu,” ucapnya.

Namun kini, usai menerima bantuan sepeda motor tiga roga dari Bupati Aceh Barat, Marzuki berencana ingin memulai usaha baru yang lebih santai dan ringan, di penghujung usianya. “Rencananya mau ambil berbagi komoditi di kampung untuk dijual ke Meulaboh.

Bantuan kereta ini, harapan saya mewujudkannya,” sebut pria lanjut usia ini.
Usaha serupa, ternyata juga diminati Almadi (36) warga Desa Paya Peunaga Baro, Kecamatan Meureubo, usai menerima bantuan.

“Kalau sekarang saya penjaga WC umum di Tempat Penjualan Ikan (TPI) Meulaboh. Saya tertarik juga dengan saran Bupati yang meminta sepeda motor bantuan ini harus dapat dimanfaatkan menjadi kendaraan mengangkut berbagai komoditi,” jawabnya.

Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS, usai menyalurkan bantuan, mengharapkan agar para penerima bantuan tahun ini, tidak lagi menerima bantuan di tahun berikutnya.

“Begitu mulia program pemerintah itu. Namun, jika sudah terima bantuan tahun ini, penerima bantuan tahun depan harus orang lain. Makanya manfaatkan sebaik mungkin bantuan yang diberikan agar dapat memupuk ekonomi mandiri,” pintanya. (den/adi).

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kadispora Simeulue: Fasilitas Hanya Jomblo Tapi Semangat Atlet untuk Latihan Sangat Militan 

27 March 2024 - 21:28 WIB

Tim SAR gabungan kembali temukan 6 mayat warga Rohingya di Aceh Jaya, total sudah 9 jenazah

26 March 2024 - 14:38 WIB

Apartemen Kepiting Ala Danlanal Simeulue

25 March 2024 - 21:51 WIB

Polisi Serahkan Berkas Kasus Oknum Timses Caleg Coblos 2 Kali ke Jaksa

21 March 2024 - 14:40 WIB

Kemenpora RI Percayakan Simeulue Gelar Kejuaraan Antarkampung

20 March 2024 - 16:57 WIB

Polres Abdya Ungkap Kasus Selama 2024

19 March 2024 - 20:07 WIB

Trending di NANGGROE BARAT