Pemkab Bener Meriah Larang Rayakan Tahun Baru

Rakyat Aceh

REDELONG (RA) – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melarang seluruh masyarakat Bener Meriah, untuk tidak mengadakan kegiatan-kegiatan pergantian tahun masehi.

Dan juga tidak mengadakan kegiatan yang bertentangan dengan Syariat Islam, adat istiadat dan etika masyarakat Aceh seperti pesta kembang api, pesta miras, narkotika, meniup terompet dan lain sebagainya pada malam tahun baru 2020.

Hal tersebut tertuang dalam Seruan Bersama dari Forkopimda dan Forkopimda Plus Kabupaten Bener Meriah yang ditetapkan pada tanggal 17 Desember 2019 dan ditanda tangani oleh, Plh Bupati Bener Meriah Drs Haili Yoga MSi, Wakil Ketua DPRK Anwar, Dandim 0106/AT-BM Letkol Inf Hendry Widodo, Kapolres AKBP Siswoyo Adi Wijaya SIK, Kejari Rahmat Azhar SH MH, Ketua Pengadilan Simpang Tiga Redelong Mahendrasmara Purnamajati SH MH, Ketua Mahkamah Syar’iyah Siti Salwa SH I, Wakil Ketua MPU Tgk Fakamuddin SSy dan Danyonif RK 114/SM Letkol Inf Valian Tatyunis.

Adapun poin seruan tersebut meminta agar masyarakat Bener Meriah pada malam tahun baru Masehi 2020 untuk tidak mengadakan kegiatan yang bertentangan dengan syariat Islam, adat istiadat dan etika masyarakat Aceh.

Seperti pesta kembang api, pesta miras, pesta narkotika, membakar mercon/petasan, meniup terompet, balapan liar, konvoi kendaraan dan permainan-permainan yang tidak bermanfaat.

Selain itu, seruan tersebut juga melarang masyarakat untuk memperjual belikan petasan/mercon, kembang api, terompet dan sejenisnya serta mengajak seluruh masyarakat untuk memperkokoh persatuan dan meningkatkan kepedulian serta menjaga diri dan keluarga serta kegiatan yang melanggar syariat Islam.

Sementara itu mewakili Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah, Wahidi SPd MM, kepada Rakyat Aceh juga meminta kepada seluruh warga Bener Meriah, agar sebaiknya dimalam pergantian tahun dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang Islami.

“Mari kita Isi misalnya dengan zikir, tausyiah/pengajian, baik ditingkat desa, kecamatan maupun di tingkat kabupaten untuk memanjatkan do’a kepada Allah SWT, supaya di tahun 2020 nanti lebih dari baik dari sebelumnya serta dijauhkan oleh Allah dari segala macam bencana. Aaamiiin,” kata Wahidi, menyampaikan pesan Bupati Bener Meriah.

Pihaknya juga mengaku senantiasa membantu aparat keamanan dalam menciptakan situasi yang kondusifitas serta mencegah terjadinya potensi gangguan ketertiban dan keamanan di tengah-tengah masyarakat. (uri/bai)