Shin Tae-yong sudah sepakat untuk melatih Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia

Harianrakyataceh.com – Sosok yang ditunggu-tunggu publik sepak bola tanah air segera tiba. Kabarnya, hari ini (26/12) Shin Tae-yong sudah mendarat di Indonesia. Pria asal Korea Selatan (Korsel) itu memang sudah resmi ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Indonesia. Bukan hanya timnas senior, pelatih Korsel di Piala Dunia 2018 tersebut kabarnya juga diminta memantau persiapan timnas junior yang akan tampil di Piala Dunia U-20.

Kabar kedatangan Shin Tae-yong dibenarkan Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Soemantri. ”Ya, rencananya tanggal 26 sampai 28, teken kontrak sekalian diperkenalkan ke publik,” katanya.
Jika sudah teken kontrak, Shin harus melakukan persiapan untuk laga debutnya bersama skuad Merah Putih. Agenda terdekat ialah menghadapi Thailand pada laga away di kualifikasi Piala Dunia 2022. Laga tersebut berlangsung pada 26 Maret 2020.

Ketika ditanya durasi kontrak, Cucu belum mau menjawab. Begitu juga nilai kontraknya. ”Yang jelas, gaji Shin Tae-yong hampir sama dengan (Luis) Milla,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, PSSI harus mengeluarkan uang Rp 2 miliar perbulan untuk menggaji Luis Milla. Itu belum termasuk gaji para asisten Milla seperti Julio Banuelos. Gaji yang lumayan besar itulah yang membuat PSSI tak mampu memperpanjang kontrak Milla. Kontraknya pun berakhir setelah Milla membawa timnas Indonesia menembus babak 16 besar Asian Games 2018.

Di sisi lain, situs Statista menyebutkan, gaji terakhir yang diterima Shin Tae-yong bersama timnas Korsel di Piala Dunia 2018 sebesar USD 500 ribu atau sekitar Rp 7 miliar per tahun. Karena itulah, Shin mungkin bakal menerima bayaran yang lebih tinggi di Indonesia. ”Lihat saja kontraknya nanti,” tutur Cucu.

Tapi, untuk urusan gaji, PSSI tampaknya tidak perlu khawatir. Sebab, pemerintah melalui Kemenpora bakal membantu untuk membayar gaji Shin. Hal tersebut dikatakan Menpora Zainudin Amali.
Zainudin menerangkan, pihaknya mendukung langkah PSSI mengontrak Shin. Bukan hanya dukungan moril, Kemenpora juga akan membantu pendanaan masalah gaji. ”Pasti pemerintah akan bantu, tergantung PSSI minta apa. Kami belum tahu, jangan-jangan tidak ada permintaan,” ucapnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Rid