Imigrasi Langsa Lakukan Pelayanan Paspor Simpatik

BAHTIAR HUSIN/RAKYAT ACEH Petugas Imigrasi Kelas II TPI Langsa sedang melayani permohonan paspor pada hari libur, Minggu (29/12).

LANGSA (RA) – Guna meningkatkan mutu layanan terhadap masyarakat, Kantor Imigrasi kelas II TPI Langsa melakukan pelayanan paspor simpatik bagi masyarakat pada hari libur kerja, Minggu (29/12).

“Selain untuk peningkatan layanan kepada masyarakat sesuai dengan semangat Kemenkuham untuk mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pelayanan paspor simpatik pada hari libur kerja ini juga dalam rangka menyambut hari Bhakti Imigrasi ke 70 tahun 2020 nantinya,” demikian dikatakan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Langsa, Mirza Akbar, kepada Rakyat Aceh kemarin.

Dijelaskannya, berdasarkan instruksi Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Direktorat Jenderal Imigrasi, pelayanan paspor simpatik ini dilakukan secara serentak di seluruh Kantor Imigrasi. Dan Kantor Imigrasi Langsa akan melaksanakan kegiatan ini setiap hari Sabtu mulai tanggal 28 Desember 2019 hingga 25 Januari 2020.

Lanjutnya, sistem yang diterapkan dalam pelayanan paspor tersebut adalah walk-in, sehingga masyarakat tidak perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui Aplikasi Pelayanan Antrian Paspor Online.

“Kuota yang diterapkan dalam pelayanan paspor simpatik ini adalah 30 orang perhari dengan batas waktu penerimaan berkas sampai pukul 12.00 WIB.

Jadi kita berharap kepada masyarakat yang ingin mendapatkan layanan paspor pada hari libur, dapat memanfaatkan pelayanan simpatik tersebut setiap hari Sabtu dengan batas waktu yang sudah ada,” sebut Mirza.

Tambahnya, pelayanan paspor simpatik pada hari libur ini juga untuk mendekatkan diri Imigrasi Langsa kepada masyarakat. Karena masyarakat banyak yang tidak sempat melakukan permohonan paspor di hari kerja akibat kesibukannya. (dai/bai)