Lonjakan Penumpang Banda Aceh-Sabang 50 Persen

Libur akhir tahun, penumpang menyeberang dari Banda Aceh-Sabang mengalami peningkatan mencapai 50 persen dibanding hari biasa. (al amin/rakyat aceh)

BANDA ACEH (RA) – Penumpang yang menyeberang dari Banda Aceh-Sabang mengalami peningkatan mencapai 50 persen dibanding hari biasa, lantaran libur akhir tahun serta momentum pergantian tahun.

“Kalau dibandingkan hari biasa sekitar 30 hingga 50 persen lonjakan penumpangnya,” kata Kasubag TU Pelabuhan Ulee Lheu Said Syahrul di Banda Aceh, Minggu (29/12).

Dia menjelaskan dalam upaya memenuhi jadwal keberangkatan calon penumpang maka pihak PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero telah menambah rute penyeberangan.

Kata dia, penambahan rute penyeberangan itu tidak hanya Banda Aceh-Sabang tetapi juga sebaliknya, baik itu kapal lambat KMP BRR ataupun kapal cepat Express Bahari

“Awalnya normalnya kita tiga trip, sekarang empat trip, baik kapal cepat atau kapal lambat juga empat trip. Ini antisipasi kita karena lonjakan penumpang,” katanya.

Ia menambahkan lonjakan penumpang itu mulai sejak 22 Desember lalu, dan diprediksikan akan bertahan hingga 5 Januari mendatang.

Disamping itu, kata dia, kondisi terkini antrian calon penumpang juga cukup panjang, namun semuanya mendapatkan kesempatan berlayar.

“Untuk sementara rata-rata calon penumpang dapat menyeberang semua karena penambahan trip ini,” katanya.

Sejauh ini, Said juga menyampaikan bawah penyeberangan berjalan lancar, kondisi cuaca tidak mengganggu pelayaran sedikit pun. (ant/min)

Baca Juga...  Dugaan Kasus Perkara Korupsi Proyek Jalan di Simeulue Jaksa Resmi Tahan Enam Tersangka