Zikir Ratib Seribe di Singkil

Ratusan masyarakat Aceh Singkil dalam rangka Maulid dan memperingati 15 tahun Tsunami, menggelar Zikir Akbar Rateb Seribe di dekat Pantai Pulo Sarok, Aceh Singkil, Selasa (31/12) malam. Foto: Khairuman/ Rakyat Aceh.

SINGKIL (RA) – Lantunan Zikir yang diikuti ratusan masyarakat umum di malam tahun baru 2020 Masehi peringati 15 tahun Tsunami di Pulo Sarok, Aceh Singkil, Selasa (31/12) malam.

Zikir yang kini dikenal dengan Rateb Seribe itu, diprakarsai oleh organisasi Majelis Pengkajian Tauhid Tasauf (MPTT) dalam rangka maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus memperingati 15 tahun Tragedi Bencana Tsunami Aceh.

Hal ini juga berlaku di sejumlah kecamatan lainnya di Aceh Singkil, yang sudah biasa digelar setiap tahunnya.

Salah seorang Panitia Zikir Ratib Seribe, Irwan Syahputra, Rabu (1/12) kepada wartawan, mengatakan zikir akbar yang di gelar dekat Pelabuhan Syahbandar Pulo Sarok, Kecamatan Singkil. Selain dalam rangka peringatan 15 tahun tsunami, sekaligus memperingati maulid nabi Muhammad SAW.

“Intinya dimalam tahun baru 2020 Masehi itu, untuk mengajak ummat ke arah yang lebih positif terutama meminimalisir aktivitas pemuda pemudi diluar rumah dari perbuatan hal-hal yang tidak diinginkan atau mencegah dari perbuatan-perbuatan maksiat,” ujarnya.

Di sisi lain, terpantau ratusan masyarakat baik laki-laki maupun perempuan ikut meramaikan majlis zikir itu, namun terpisah. Urutan laki-laki di depan dan perempuan paling belakang duduk bersila diatas tikar yang sudah dibentangkan.

Bahkan saking ramainya, masyarakat umum yang ikut melantunkan zikir untuk sekedar duduk ikut berzikir hingga dikawasan jalan setapak pelabuhan.

Kemudian hingga pukul 00.00 WIB 1 januari 2020 masehi, keadaan kota Singkil mulai sepi, tak ada satu pun letusan kembang api dan petasan malam itu. (Khairuman/adi).

Baca Juga...  Shabela Terima Penghargaan Penyintas Kopi Gayo Menuju Dunia dari HRA