Kementerian Agama saat ini tengah membangun aplikasi Sistem Informasi Elektronik Kinerja Aparatur Sipil Negara atau SI-EKA. Istimewa.

SIMEULUE (RA) – Kementerian Agama saat ini tengah membangun aplikasi Sistem Informasi Elektronik Kinerja Aparatur Sipil Negara atau SI-EKA, sehingga perlu diadakan sosialisasi kepada seluruh ASN Kemenag terkait cara penginputan seluruh kegiatan kedinasan mulai kegiatan tahunan, bulanan sampai kegiatan harian.

Hal tersebut disampaikan Kasubbag TU Kementerian Agama Kabupaten Simeulue Fauzan, S.Ag, saat memberi sambutan pada sosialisasi Penginputan SI-EKA di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Simeulue, Selasa, (7/1).

Fauzan menyampaikan agar seluruh ASN dapat segera menerapkan dan mengimplementasikan penggunaan Aplikasi SIEKA sesuai dengan kinerja harian, tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Tujuan penerapan aplikasi SI EKA yaitu sebagai perangkat atau alat untuk memonitoring, serta mengukur kinerja ASN Kemenag, dan karena sudah menyangkut dengan kinerja ASN, sudah tentu akan berkaitan dengan pembayaran tunjangan kinerja nantinya,” tandas Fauzan.

Kasubbag Tata Usaha Kemenag Kabupaten Simeulue ini juga mengatakan, kegiatan sosialisasi ini untuk ASN yang ada disetiap Seksi/Penyelenggara, agar semua ASN Kemenag Kabupaten Simeulue bisa mengerti tata cara penginputan aplikasi Si-EKA ini.

Menurut Fauzan, dengan adanya SI-EKA, tidak perlu lagi membuat catatan kertas laporan secara manual karena sudah ada dalam sistem tersebut.

Dengan SI-EKA, akan tahu siapa bekerja apa, siapa melakukan apa, dan siapa yang bekerja maksimal dan hal ini akan mempengaruhi perolehan tunjangan kinerja (tukin) ASN Kemenag ke depan jika aplikasi ini sudah diberlakukan kepada seluruh ASN. (adi/ra).