Maret, Puluhan Yatch Sandar di Simeulue

Rute Wonderfull West Sumatera Rally 2020 . (sumber Dinas Pariwisata Simeulue?)

Quote Kadis Pariwisata Simeulue, Abdul Karim
“Tim dari program Rally Yatch itu sudah melakukan survei dan Alhamdulillah, pada tanggal 24-27 Maret 2020, sekitar 50 unit kapal Yatch yang ditumpangi sekitar 100 orang turis asing, akan singgah di pulau Simeulue”

SIMEULUE (RA) – Sebanyak 50 unit kapal Yatch yang mengangkut turis asing dari berbagai negara, ?diperkirakan akan mampir dan sandar di pulau Simeulue, pada tanggal 24-27 Maret 2020.

Rombongan puluhan unit kapal Yatch yang masih dalam program Rally Yatch, singgah di Simeulue mengangkut sekitar 100 orang turis asing? tersebut, juga akan singgah di sejumlah daerah di Indonesia.

Terkait kedatangan puluhan unit kapal Yatch dan direncanakan akan sandar di salah satu pelabuhan di Teluk Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur itu, dijelaskan Abdul Karim, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simeulue, kepada Harian Rakyat Aceh, Selasa (14/1).

“Tim dari program Rally Yatch itu sudah melakukan survei dan Alhamdulillah, pada tanggal 24-27 Maret 2020, sekitar 50 unit kapal Yatch yang ditumpangi sekitar 100 orang turis asing, akan singgah di pulau Simeulue,” katanya.

Saat ini menurut Abdul Karim, setelah dipastikan jadwal rombongan Yatch singgah di Simeulue, pihaknya melakukan persiapan fasilitas sarana dan prasana, berupa WC Portable, lampu penerang pelabuhan, kios usaha souvenir dan dinner lokal atau makanan khas.

Sedangkan kendala dianggap serius pihak Dinas Pariwisata itu, tidak tersedianya anggaran sekitar Rp30 juta, untuk ?penyediaan sarana dan prasarana, menyambut serta menjamu rombongan rombongan puluhan kapal Yatch yang pertama kali singgah di pulau Simeulue.

“Kunjungan perdana rombongan puluhan kapal Yatch itu singgah di Simeulue, dan itu manfaatnya sangat besar untuk kemajuan pariwisata terutama menyebarnya informasi tentang daerah kita, ?namun saat ini kita kekurangan dana Rp30 juta dan belum diketahui sumber anggarannya. Perlu diketahui selama turis itu berada di Simeulue, mereka mampu belanja paling kecil sekitar Rp 2 juta”, imbuhnya.

Dia merincikan program Rally Yatch atau Wonderful West Sumatera Rally 2020, sejak Maret hingga Juni 2020 itu, memulai perjalanannya dari Puket Negara Thailand, kemudian menuju Sabang, Simeulue, Nias, Bengkulu, Tanjung Lesung, Natuna, Anambas, Jemaja, Lemukutan, Karimata, Ketapang dan Belitung. (ahi/min)