Kembangkan Rumah Pintar Pemilu, KIP Banda Aceh Gagas Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

KIP Banda Aceh Gagas Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh mengaet sejumlah Perguruan Tinggi di Banda Aceh untuk mengenjot pengembangan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Pertemuan dengan sejumlah perguruan tinggi tersebut dilaksanakan di Media Center KIP Banda Aceh, Kamis (16/1/2020). Hadir dalam pertemuan ini perwakilan dari Unsyiah, UIN Ar-Raniry, Universitas Serambi Mekkah, Universitas Iskandar Muda, Politeknik Aceh dan STIE Sabang, Banda Aceh.

Ketua KIP Kota Banda Aceh, Indra Milwadi menyampaikan, dalam pertemuan ini membahas terkait kerjasama Perguruan Tinggi dengan KIP Kota Banda Aceh terkait penerimaan mahasiswa magang dan pengembangan Rumah Pintar Pemilu.

“Selama ini KIP Kota Banda Aceh rutin menerima mahasiswa magang dari beberapa kampus di Banda Aceh yang sudah melakukan kerjasama,” ujar Indra.

Indra Milwady jmenambahkan, mahasiswa yang magang di Kantor KIP Kota Banda Aceh akan diberikan pemahaman tentang, demokrasi, kedudukan tugas fungsi dan wewenang tata kerja sekretariat KPU.

Selain itu juga diberikan pemahanan tentang tahapan pemilu, data pemilih, teknis penyelenggaraan pemilu, sosialisasi dan kampanye, logistik pemilu dan hukum pemilu.

foto bersama

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM KIP Kota Banda Aceh, Yusri Razali menambahkan, meski tahapan pemilu sudah usai, upaya pendidikan pemilih kepada masyarakat terus dilakukan melalui kegiatan Rumah Pintar Pemilu.

“Rumah Pintar Pemilu ini merupakan fasilitas yang ada di kantor KIP Kota Banda Aceh untuk pendidikan pemilih bagi masyarakat.” Kata Yusri

”Selain itu, Rumah Pintar Pemilu juga sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemimpinan serta pusat studi, penelitian atau riset tentang demokrasi dan kepemiluan.” ungkap Yusri.

Sebelumnya Rumah Pintar Pemilu KIP Banda Aceh mendapatkan peringkat terbaik pertama tinggkat Provinsi yang diberikan oleh KIP Aceh beberapa waktu yang lalu di Aceh Tengah.

“Ini menjadi tantangan untuk terus kita kembangkan Rumah Pintar Pemilu, semoga KIP Banda Aceh selalu menjadi terbaik.” Pungkas Yusri. (RA)