Ribuan Warga Asing Dievakuasi Dari Wuhan

0
Pasar satwa liar di Wuhan telah ditutup dan dijaga ketat petugas keamanan (HECTOR RETAMAL / AFP)

CHINA (RA) – Proses evakuasi sudah mulai dilakukan oleh tiga negara besar bagi warganya yang berada di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Ketiga negara itu adalah Amerika Serikat, Prancis, dan Rusia.

Dimuat The Washington Post, seorang pejabat Prancis mengatakan saat ini pihaknya berencana untuk mengeluarkan warganya dari Wuhan dengan menggunakan bus ke Changsha, 200 mil ke barat daya dari Wuhan.

Sementara itu, pemerintah Rusia bekerja sama dengan China untuk mengatur evakuasi warganya. Dari penuturan staf Kedutaan Besar Rusia di China, Georgy Egorov mengatakan saat ini ada 7.000 warga Rusia yang berada di China.

Wall Street Journal pada Sabtu pagi (25/1) juga melaporkan bahwa AS sedang mengatur penerbangan carter pada hari ini, Minggu (26/1) untuk menerbangkan warga dan diplomatnya dari Wuhan. Kendati begitu, Kedutaan Besar China di Beijing mengatakan laporan tersebut tidak benar dan opsi evakuasi masih dicari.

Selain telah menyebar ke seluruh daratan China, virus dengan nama resmi 2019-nCoV itu juga sudah menyebar ke beberapa negara. Termasuk Korea Selatan, Amerika Serikat, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Prancis, hingga Australia. (rmol/ra)