Harianrakyataceh.com – Korban virus corona di Wuhan, China terus berjatuhan. Dalam kurun satu bulan saja, sebanyak 131 orang dilaporkan meninggal dunia dan 4.474 orang terinfeksi. Virus ini sudah menyebar ke luar China.

Sejumlah tanaman obat Nusantara disinyalir dapat mencegah virus corona, yang akhir-akhir ini merupakan momok menakutkan. Salah satu cara mencegah terinfeksi virus ini dengan memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh. Berikut sejumlah tips untuk membasahi virus corona:

Hal utama yang musti dilakukan adalah mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun. Menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut saat tangan kotor. Hindari kontak langsung dengan hewan liar dan ternak, serta menggunakan masker saat beraktivitas.

Kedua, dianjurkan pula untuk mengkonsumsi jahe merah yang banyak ditemukan di Indonesia untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sejumlah literasi dan jurnal penelitian menyebutkan, tanaman ini berkhasiat menjaga daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan karena mengandung antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan jahe gajah dan jahe emprit.

Jahe merah mengandung manfaat seperti shigaol, gingerol, zingeron. Zak aktif ini diyakini mengandung banyak manfaat hingga menyembuhkan beragam penyakit dan membunuh bakteri maupun virus berbahaya.

Penelitian yang dilakukan Dugasani di tahun 2010, kandungan shigaol dan gingerol dalam jahe merah telah terbukti memiliki efek antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh manusia melawan stress oksidasi.

Dilansir NDTV Food, menurut buku Healing Foods oleh DK Publishing House, jahe yang dikonsumsi dengan barang lain seperti jus lemon dan mint, bisa menjadi trio ang sempurna untuk membantu melawan flu dan gejala pilek. Agar tubuh tetap fit an daya tubuh tetap prima, dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe merah. Jahe merah bisa menjadi modal penting dalam mengawali hari. (ril/icm)