Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

GAYO-ALAS · 4 Feb 2020 07:22 WIB ·

Profesor Unsyiah Kunjungi Sekolah Kopi


 Sejumlah Profesor dari Unsyiah ketika berkunjung ke SMK 5 Bener Meriah, di Kecamatan Permata, Jumat (31/1) lalu  MASHURI/BENER MERIAH Perbesar

Sejumlah Profesor dari Unsyiah ketika berkunjung ke SMK 5 Bener Meriah, di Kecamatan Permata, Jumat (31/1) lalu MASHURI/BENER MERIAH

REDELONG (RA) – Rombongan para profesor yang berasal dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengunjungi SMK 5 Bener Meriah yang merupakan sekolah kopi di negeri berhawa sejuk ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Bener Meriah, Sabirin Amin, kepada Rakyat Aceh, Senin (3/2).

Disebutkanya, sejumlah Profesor yang hadir antara lain, Prof Dr Abubakar Karim MS, Prof Rahmad Lubis, Prof Dr Marwan dan Prof Dr Hasanuddin, berkujung ke sekolah tersebut, Jumat (31/1) lalu.

Ia menambahkan, SMK 5 Bener Meriah telah berhasil mengolah kulit kopi menjadi cascara (herbal) serta mengolah ampas kopi menjadi bio gas, sehingga sekolah tersebut menjadi terkenal menjadi sekolah kopi.

Sabirin Amin menyebutkan, Prof Abubakar Karim dan rekannya akan datang kembali pada 13 Februari 2020 mendatang untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMKN 5 Bener Meriah.

Ia mengaku sangat menyambut positif dan mendukung penuh kehadiran para profesor ke sekolahnya. “Kami akan terus berkreasi dan berinovasi dalam pemanfaatan hasil pertanian, terutama produk unggulan Bener Meriah yaitu kopi, baik dari buah kopi, daun maupun kulitnya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Rahmad Lubis menyampaikan, SMKN 5 Bener Meriah telah mengambil langkah yang sangat tepat, menyesuaikan diri dengan membuka jurusan sesuai komoditi daerah setempat yang menjadi satu-satunya Sekolah Kopi di Aceh.

Sementara itu, Abubakar Karim menyebutkan siap berkontribusi langsung, baik secara pemikiran dan perbuatan untuk kemajuan SMK tersebut. “Kami juga berharap SMKN 5 Bener Meriah bisa menjadi pusat penelitian kopi terbesar di Indonesia, seperti yang ada di Jember, Jawa Timur,” ujarnya. (uri/bai)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

GM Hotel Parkside Berniat Ikut Pilkada Gayo Jalur Independen

28 March 2024 - 21:08 WIB

Bandara Alas Leuser Perintis Kembali Beroperasi

17 March 2024 - 15:52 WIB

Musrenbang RKPK 2025 Ditutup, Pj. Sekda Ingatkan Camat Kawal Usulan Prioritas

8 March 2024 - 21:58 WIB

Pemkab Aceh Tenggara Pastikan Harga Sembako Stabil

8 March 2024 - 16:55 WIB

Hujan Deras, Aceh Singkil Banjir

7 March 2024 - 23:29 WIB

Pasar Murah Pemkab Agara Disambut Antusias Masyarakat

7 March 2024 - 08:21 WIB

Trending di GAYO-ALAS