Rumah Khas Aceh Warga Beuringen Habis Terbakar.  

Meureudu (RA) – Satu unit rumah berkontruksi kayu milik warga Gampong Beuringen – Kuta Simpang Kecamatan Meurahdua, Pidie Jaya, Rabu (19/2) sekira pukul 19.30 wib ludes dilalap api. Diduga kebakaran tersebut terjadi akibat kosleting listrik yang disambar petir. Namun, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Rumah panggung berkontruksi kayu tersebut adalah milik almarhum M. Husin Gade yang selama ini ditempati oleh Munawir Muhammad (31) besama istri Neli Andriani (30) dan dua anaknya yang masih balita. Saat kejadian, penghuni rumah beradat Aceh itu sedang tidak berada dirumah.

Munawir sudah menempati rumah tersebut sekitar delapan bulan lalu. Dan membuka  usahanya warung kopi yang hanya terpaut sekitar 100 meter dari rumah. Sedangkan isteri dan dua anaknya kala itu sedang di rumah orangtuanya di Gampong Dayah Kruet – Kuta Baroh kecamatan yang sama.

” Saya terkejut saat melihat api membumbung tinggi dan saya langsung bergegas pulang,” kata Munawir sambil menahan rasa sedih akibat kehilangan tempat tinggalnya.

Peristiwa keberakan itu, dalam sekejap ratusan warga memadati lokasi. Karena lokasi kebaran tersebut tak jauh dari jalan utama di Kabupaten Pidie Jaya atau jalan tembus Trienggadeng-Jangka Buya.

Akibat dari peristiwa itu, seluruh harta benda serta pakaian Munawir yang disimpan dirumahnya habis tak berbekas. Hanya tersisa baju dibadan.

Tak lama setelah peristiwa kebakaran itu, BPBD Pidie Jaya langsung mengerahkan mobil damkar ke lokasi kebaran. Namun karena material rumah terbuat dari kayu, api dengan cepat melahap seluruh sisi bangunan. Dan api berhasil dipadamkan untuk menghidari jalaran ke rumah tetangga. 

” Malam ini juga, kami dari BPBD Pidie Jaya tiba di TKP dan langsung mendata tentang musibah dan memasang tenda. Ke esokan harinya akan diantar bantuan masa panik untuk keluarga korban,” ujar Aswan, Kabid Rehab Rekon BPBD Pidie Jaya. (San).