27 Keuchik hasil Pilchiksung November 2019 lalu diambil sumpahnya, Selasa (25/2). ikhsan/rakyat aceh

MEUREUDU (RA) – Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas menjanjikan hadiah umrah bagi keuchik yang mampu menertibkan ternak yang berkeliaran di gampong masing – masing.

Pernyataan ini disampaikan bupati saat melantik 27 keuchik terpilih dalam Kabupaten Pidie Jaya yang terpilih dalam Pilchiksung tahun 2019, di Aula Kantor Bupati Pidie Jaya.
Selasa (25/2).

Dalam pelantikan itu pengambilan sumpah dilakukan oleh Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi sekaligus penyematan tanda pangkat.

Bupati menyampaikan, penertiban hewan ternak di Pidie Jaya sudah dilakukan dengan berbagai cara. Tapi tetap saja, hewan ternak masih dibiarkan berkeliaran. Maka, untuk penertiban ternak, perlu keterlibatan masyarakat dan keuchik sebagai kepala pemerintahan di gampong

“Bagi keuchik-keuchik yang mampu dan menertibkan ternak di gampong masing-masing, janji saya, akan saya berangkatkan umrah. Karena ternak berkeliaran sudah sangat mengganggu,” janji Aiyub Abbas di hadapan para keuchik yang dilantik.

Aiyub Abbas juga berpesan kepada keuchik yang dilantin tersebut untuk merangkul lawan politik saat Pilchiksung beberapa waktu lalu. Hal itu untuk memaksimalkan pembangunan di gampong-gampong supaya terhindar dari konflik kepentingan.

Ia juga meminta keuchik agar membangun kembali nilai-nikai etika karakter asli ke Acehan dalam pergaulan sehari-hari dan mengupayakan saling memuliakan satu sama lain.

“Muliakanlah siapapun mereka. Dengan memuliakan orang lain maka kemuliaan itu akan menjadi kemuliaan kita semua dan kemuliaan bagi seluruh negeri,” imbuh Bupati.

Dalam pada itu Aiyub Abbas mengingatkan kembali kepada para Keuchik agar selalu memperhatikan persoalan kebersihan dan ketertiban lingkungan. (san/slm)