Bolehkah Penderita Diabetes Minum Secangkir Kopi?

ILUSTRASI. Minum kopi bisa memengaruhi gula darah. (picswe)

Harianrakyataceh.com – Seseorang dengan diabetes harus berhati-hati pada makanan dan minuman yang dikonsumsi. Penderita diabetes dengan kadar gula darah yang tinggi harus disiplin dalam asupan makanan. Sebab makanan dan minuman tinggi gula atau kalori dapat meningkatkan kadar gula darah. Bagaimana dengan kopi?

Pengaturan gula darah penting untuk mencegah komplikasi yang terkait dengan diabetes. Kopi memang menjadi minuman favorit banyak orang. Tetapi jika Anda penderita diabetes apakah sehat untuk mengonsumsi kopi? Bisakah kafein memengaruhi kadar gula darah Anda?

Dilansir dari NDTV, Minggu (1/3), beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko terkena diabetes. Jika Anda sudah menderita diabetes, efeknya mungkin berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang mungkin tak masalah minum kopi, sementara yang lain bisa jadi mengalami peningkatan kadar gula darah.

Efeknya juga tergantung pada jumlah kafein yang dikonsumsi. Jika kadar gula darah sudah di luar kendali, Anda harus mengurangi asupan kafein, terutama dengan tambahan gula dan krim.

Tapi, Ahli gizi Upasana Sharma yang menjabat sebagai Kepala Ahli Nutrisi di Rumah Sakit Max India menjelaskan, kopi adalah minuman favorit siapa saja. Menurut penelitian, jika seseorang yang sehat mengonsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

“Tetapi jika orang tersebut sudah menderita diabetes, konsumsi kopi dapat menyebabkan fluktuasi kadar gula darah. Idealnya, penderita diabetes harus menghindari kopi manis. Mereka dapat memilih kopi tanpa kafein tanpa gula,” jelas Sharma.

Maka penderita diabetes disarankan lebih sehat minum air putih dan beberapa minuman lainnya. Penderita diabetes dapat memilih beberapa minuman sehat yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah secara alami.

1. Air Putih

Konsumsi air yang cukup sangat penting bagi setiap individu. Orang yang mengonsumsi cukup air sepanjang hari punya kadar gula darah yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Air juga akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan membuat Anda tetap terhidrasi.

2. Jus Sayuran

Jus sayuran sangat sehat. Minuman ini penuh dengan nutrisi. Pilih sayuran hijau untuk menyiapkan jus sayuran yang sehat.

3. Teh Herbal

Teh juga merupakan pilihan sehat tetapi harus tanpa gula. Jika Anda seorang penderita diabetes, Anda dapat memilih teh herbal yang sarat dengan beberapa manfaat lainnya.

“Teh juga bukan alternatif yang sehat karena mengandung kafein,” katanya.

Orang dengan diabetes dapat mengkonsumsi teh herbal yang bebas kafein. Beberapa teh herbal yang bebas kafein termasuk teh chamomile, teh jahe dan teh peppermint.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani