Siaga Bencana, Polres Gelar Apel Pasukan

Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, dan Pimpinan DPRK Pidie Jaya menginspeksi personel dan peralatan menghadapi kesiapsiagaan bencana alam, Rabu (4/3). ikhsan lancok

MEUREUDU (RA) – Polres Pidie Jaya dan Polres Bireuen secara terpisah melaksanakan apel kesiapan penanggulangan bencana alam tahun 2020, Rabu (4/3).

Polres Pidie Jaya menggelar apel di lahan Mapolres Pidie Jaya, sementara Polres Bireuen melaksanakannya di Stadion Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta,terdiri dari unsur, TNI/Polri, Sat Pol Airud. Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Satpol PP, BPBD, Pemadam Kebakaran, Tagana, PSC 119 Dinkes. RAPI, PMI, Tim SAR dan unsur terkait lainnya.

Kapolres Pidie Jaya, AKBP Musbagh Ni’am SIK mengatakan, perlu persiapan yang baik dalam upaya penanggulangan bencana alam. Sehingga korban jiwa dapat diminimalisir jika keadaan bencana terjadi.

Apalagi mengingat Kabupaten Pidie Jaya yang secara geografis merupakan daerah yang rawan bencana alam, apakah itu gempa bumi maupun banjir, perlu dilakukan persiapan yang baik, baik itu peralatan maupun personil yang siap diturun ketika bencana terjadi maupun pencegahannya.

Dikatakan, Polres Pidie Jaya yang masih terbatas sarana dan prasaranya karena baru diresmikan dua bulan lalu, perlu dilakukan efisiensi. Meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki, pengoptimalan kemampuan yang ada untuk penanggulangan bencana tetap harus prioritaskan.

” Apel gelar pasukan dilakukan untuk mengecek kesiapan semuanya, terutama personil serta peralatan-peralatannya. Dan apapun yang terjadi kita siap untuk penanganannya (bencana), terutama pelayanan masyarakat secara umum,” terang Kapolres.

Sementara di Bireuen, Plt Bupati Muzakkar A. Gani, menyampaikan, kesiap – siagaan menghadapi bencana alam bukan hanya seremonial saja, tetapi bagaimana kita benar-benar menunjukan kesiapan kita untuk menanggulangi bencana yang terjadi di Kabupaten Bireuen.

“Kita tidak meminta adanya bencana, namun kita juga harus selalu siap siaga dalam menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana,” sebutnya.

Baca Juga...  Anak Usia Dini Diberi Pendidikan Keselamatan Berlalu Lintas

Plt Bupati Bireuen, meminta kepada seluruh personel yang mengikuti apel, untuk mempersiapkan diri dan peralatan secara maksimal, sehingga sewaktu-waktu siap turun ke lokasi bencana membantu masyarakat.

Langkah proaktif sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, dan sudah menjadi tanggung jawab bersama melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat dan lingkungan hidup. (san/mag84/slm)