Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 7 Mar 2020 00:11 WIB ·

Terkait Penyebaran Virus Corona, Plt Bupati Keluarkan Surat Himbauan Siaga


 Penanganan pasien dengan virus corona di China/Net Perbesar

Penanganan pasien dengan virus corona di China/Net

BIREUEN (RA)- Penyebaran virus corona yang hampir menyebar keseluruh dunia, termasuk sudah positif menyebar ke Indonesia, dengan tingkat resiko kematian yang sangat besar.
Belum lagi pemberitaan diberbagai media yang dapat meresahkan warga, dan minimnya edukasi kepada masyarakat dapat menyebabkan kepanikan dan kegaduhan di kalangan masyarakat.
Dalam menyikapi permasalahan tersebut, Plt Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A. GANI, SH., M. Si, telah mengeluarkan surat hibauan terkait kesiap-siagaan masyarakat dalam menyikapi penyebaran virus corona dalam wilayah Kabupaten Bireuen, Kamis (5/3).
Surat yang diperoleh oleh awak media, Jum’at (6/2). Dengan nomor surat 451/261/2020 dari Plt. Bupati kepada kepala Dinas Syariat Islam Anwar, S.Ag., M.A.P. Dan ditujukan kepada seluruh kepala SKPK, Para Camat, Para Imum Mukim, Imum Chiek, Keuchik, Imum Gampong, Para Pimpinan Dayah dan Organisasi masyarakat (Ormas) lainnya.
Dalam surat himbauan tersebut, Plt Bupati Bireuen meminta perhatian serius dari semua stakeholder terkait, agar melakukan upaya penanggulangan yang lebih aktif dalam bentuk peningkatan kewaspadaan dini, kesiapsiagaan, serta tindakan antisipasi pencegahan, deteksi, pengobatan, dan respons lain yang diperlukan.
Meningkatkan komunikasi, informasi, dan edukasi kesehatan kepada masyarakat secara berkala. Terutama kepada masyarakat yang akan berpergian ke wilayah terjangkit, dengan materi pencegahan penyebaran penyakit melalui praktek perilaku hidup bersih dan sehat dan antisipasi penularan.
Menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan perawatan dan rujukan serta fasilitas penunjang seperti laboratorium dan bahan logistik kesehatan yang diperlukan beserta jejaringnya secara terpadu.
Terus berkomunikasi secara intensif dengan para pihak yang berkepentingan, baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun gampong-gampong, sesuai dengan tugas dan fungsinya guna mencegah penyebaran Infeksi Virus Corona (COVID–19) di wilayah Kabupaten Bireuen.
Jajaran kesehatan diminta tetap siaga dalam memberikan pelayanan kesehatan dan melaporkan secara berjenjang dalam waktu 1×24 jam apabila ditemukan adanya suspek Virus Corona (COVID–19).
Kepada seluruh masyarakat diharapkan tetap tenang sembari meningkatkan kewaspadaannya serta melakukan zikir bersama dan memperbanyak bacaan Qunut Nazilah pada setiap shalat berjamaan, seperti shalat Jum’at dan shalat 5 waktu di seluruh mesjid, meunasah, mushalla, dayah.
Selalu mejaga kebersihan tempat-tempat ibadah lainnya pada setiap gampong dalam wilayah Kabupaten Bireuen sesuai himbauan Majlis Permusyawaratan Ulama Aceh.
Kepada seluruh pemangku kepentingan diminta berperan aktif untuk menghimbau, melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan zikir bersama serta mewaspadai penyebaran virus Corona dalam wilayah/unit kerjanya masing-masing.
Kepala Dinas Syariat Islam juga mengharapkan kerjasama dengan awak media untuk ikut berpartisipasi aktif mengedukasikan kepada masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi segala kemungkinan, apabila nantinya penyebaran virus corona sampai dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Bireuen. (mag-84)
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bulan Ramadan, Ditsamapta Polda Aceh Bagikan Sembako dan Takjil 

29 March 2024 - 21:34 WIB

Layanan Subspesialistik Bedah Digestif Kini Dibuka di Rumah Sakit dr Fauziah Bireuen

29 March 2024 - 19:42 WIB

Ekonomi Syariah Aceh Mulai Bangkit

29 March 2024 - 19:38 WIB

Jadi Khatib Jum’at, Tgk. H. Musannif Sanusi Ajak Masyarakat Aceh Besar Dekatkan Diri dengan Alquran

29 March 2024 - 18:05 WIB

Komnas HAM: Pemerintah Harus Jaga Tulang Belulang di Rumoh Geudong Korban Pelanggaran HAM di Aceh

29 March 2024 - 16:32 WIB

Luncurkan Markas di Tanah Rencong, Wamenkominfo: Upaya Perkuat Ekosistem Startup di Aceh

29 March 2024 - 10:58 WIB

Trending di METROPOLIS