Kodim Atam Gelar Wasbang

Para siswa SMA 4 Kejuruan Muda desa Purwodadi ikuti kegiatan Wasbang yang diadakan oleh Kodim Aceh Tamiang Sabtu (7/3). (ist)

ACEH TAMIANG (RA)– Kodim 0117/Atam melaksanakan kegiatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di SMA Negeri 4 Kejuruan Muda, Desa Purwodadi, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (7/3).

Pada tahun 2020, kegiatan Wasbang mengusung tema “Pembinaan Wawasan Kebangsaan membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan.”

Kasdim 0117/Atam, Mayor Inf A. Yani, dalam sambutannya menyampaikan, seiring dengan modernisasi dan perkembangan teknologi informasi yang semakin kompleks dan memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia,berbagai pengaruh negatif juga terdapat dalamnya, seperti maraknya penyalahgunaan dan peredaran narkoba, bullying, perkelahian antar pelajar dan berbagai kasus lain.

Maka itulah, untuk menangkal terjadinya degradasi moral anak bangsa ini, diperlukan adanya pemahaman dari generasi muda tentang wawasan kebangsaan.

Kasdim 0117/Atam mengharapkan, dengan diselenggarakannya kegiatan Wasbang,
dapat menghasilkan generasi muda memiliki kecintaan terhadap pancasila,Undang-
Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI serta generasi muda yang memiliki sikap mental dan fisik yang berani bersaing dan berkompetisi secara sportif.

Khususnya dapat meningkatkan kecintaan dan ketentraman nilai-nilai ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta kepada Aparatur Pemerintahan dan stakeholder terkait di Kabupaten Aceh Tamiang untuk turut bertanggung jawab dan bersinergi dalam melakukan pembinaan wawasan kebangsaan di tengah-tengah masyarakat.

Pada kesempatan itu Danramil 04/BDH, Kapten Inf Said Muhammad menyampaikan bahwa penanaman wawasan kebangsaan yang dilaksanakan ini dalam upaya memberikan pemahaman dan wawasan kepada pelajar untuk lebih memahami makna yang terkandung dalam butir butir pengamalan Pancasila dan latar belakang sejarah terbentuknya Ideologi Pancasila.

Sementara Danramil 07 /KJM, Kapten Inf M. Rizal menyampaikan masa depan bangsa tergatung dari generasi muda. Ekonomi, ketahanan nasional seperti kekuatan dari diri sendiri , bisa menguasai diri dan jangan putus asa. Siap membela tanah air /NKRI.

Harus mementingkan kepentingan bangsa dari pada kepentingan diri sendiri/pribadi, dengan memupuk jiwa korsa atau kebersamaan dengan cara menjaga nama sekolah, dengan semboyan bersatu teguh bercerai runtuh, bersikap dan berbuat yang terbaik. (urd/slm)