Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc, motivasi santri Dayah Darul Azhar, Kabupaten Aceh Tenggara, Jumat (6/3). FOTO IST

KUTACANE – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc, mengunjungi Dayah Moderen Darul Azhar, Kecamatan Badar, Kabupaten Aceh Tenggara, Jumat (6/3).

Dayah yang memiliki santri sekitar 400-an ini berjarak sekitar 10 menit dari ibukota Aceh Tenggara. Sedangkan pengajar di dayah moderen ini berjumlah sekitar 60 orang. Rata-rata merupakan alumni dayah terkemuka.

Dayah tersebut didirikan oleh almarhum Teungku Imran Lc yang merupakan abang angkatan Syech Fadhil di Al Azhar Kairo Mesir.

Kedatangan Syech Fadhil mendapat sambutan hangat dari para santri dayah setempat. Apalagi ketika diketahui jika Syech Fadhil merupakan adik angkatan dari pendiri dayah tersebut selama di Mesir.

“Saya pernah menjadi santri seperti kalian. Duduk di barisan terdepan dan mendengar ceramah,” ujar Syech Fadhil.

“Pernah disiram air karena telat bangun serta dikejar kejar karena telat salat berjamaah. Saya doakan para alumni dayah ini sukses semua. Nanti jadi bupati dan orang-orang sukses,” kata mantan ketua IKAT ini.

Syech Fadhil berharap para santri terus belajar dengan rajin hingga akhirnya menjadi mubaliq besar di kemudian hari.

Kesusahan yang diperoleh selama proses belajar, kata Syech Fadhil, akan berbuah manis di masa yang akan datang.

“Yakin, isya Allah akan berhasil. Makanya jangan mudah menyerah, jangan mudah patah semangat,” katanya lagi.

Dalam kunjungan ini, Syech Fadhil ditemani oleh Kepala UPTD Masjid At-Taqwa Kutacane, Teungku Alimuddin, yang juga rekan seperjuangan Syech Fadhil di Al Azhar.