Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 10 Mar 2020 12:48 WIB ·

 ADB Ujung Tombak Disdukcapil


 Kadis DRKA Drs Teuku Syarbaini, M.Si Perbesar

Kadis DRKA Drs Teuku Syarbaini, M.Si

BANDA ACEH (RA) – Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA) menyatakan administrator data base (ADB) merupakan ujung tombak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten/kota dalam menghadirkan data yang cepat dan akurat.

“ADB memang bukan orang yang berhadapan langsung dengan pelayanan, tapi mereka merupakan penggerak untuk mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan seperti menjaga koneksi, server dan aplikasi,” ujar Kepala DRKA, Drs Teuku Syarbaini, M.Si di Banda Aceh.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka bimbingan teknis pembersihan dan pemeliharaan database kependudukan semester I tahun 2020 yang berlangsung di Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Senin (9/3) malam.

Ia menjelaskan para ADB senior yang hadir dalam kegiatan Bimtek tersebut merupakan orang-orang yang akan melakukan pembersihan dan pemeliharaan database kependudukan yang menyangkut dengan data anomali, ganda non aktif dan alih status.

“Pembersihan data ini akan dilakukan sesuai nama dan alamat dengan tetap memastikan nama-nama tersebut masih sesuai, tidak ganda dan keberadaannya jelas,” katanya.

Menurut dia, dalam pembersihan data para petugas akan melakukan verifikasi kambali dan akan dilakukan sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan yang ada sehingga nantinya akan menghasilkan data yang bersih dan valid.

“Kami berharap para ADB yang tersebar di seluruh Disdukcapil kabupaten/kota di Aceh dapat bekerja maksimal guna memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan hadirnya data yang bersih dan valid,” jelasnya.

Ia mengatakan, data yang ada di DRKA dan Disdukcapil berperan penting terhadap pembangunan, penganggaran dan berbagai program yang akan dicanangkan oleh pemerintah baik dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) DRKA, Saifuddin mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut akan melahirkan ADB Disdukcapil yang memahami dan mampu mengelola data base, pembersihan dan penanganan data anomali, ganda, non aktif dan alih status serta dapat mengakses dan menjalankan aplikasi data agregat dan profil kependudukan. (ra)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bank Aceh Layani Penukaran Uang Menjelang Idul Fitri 1445 H

28 March 2024 - 21:36 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Pemuda Aceh Reformasi Minta Pj Gubernur Aceh segera Lantik Kepala BPKS Definitif

28 March 2024 - 15:10 WIB

166 Siswa MA Aceh Besar Diterima Kuliah Lewat Jalur Prestasi

28 March 2024 - 13:51 WIB

Tingkatkan Keamanan, Kemenkumham Aceh Rssmikan Blok Hunian Maximum Security di Lapas Banda Aceh

27 March 2024 - 05:03 WIB

Trending di METROPOLIS