Keterangan foto: 1. RSUD Simeulue, sedang melayani pasien peserta BPJS Kesehatan. Rabu (12/3). Ahmadi - Harian Rakyat Aceh. Kamis (13/3). Ahmadi - Harian Rakyat Aceh.

SIMEULUE (RA) – Hingga Maret 2020, sekitar 90.745 jiwa warga Simeulue yang telah terdaftar dan resmi menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Angka peserta BPJS Kesehatan itu akan bertambah, disebabkan saat ini pihak BPJS Kabupaten Simeulue, yang turun langsung mendatangi warga dipelosok daerah terpencil dan pulau-pulau yang berpenghuni.

Hal ini dijelaskan Rudi Baruna, Kepala ?Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Simeulue, yang ditemui Harian Rakyat Aceh, Kamis (12/3).

“Hingga saat ini, telah mencapai 90.745 Jiwa peserta BPJS Kesehatan di Simeulue?. Angka peserta ini akan bertambah, sebab pihak kita yang langsung turun mendatangi warga yang tempat tinggalnya jauh, untuk mendata dan memproses warga yang belum masuk menjadi peserta BPJS Kesehatan,” katanya.

Alasan pihak BPJS Kesehatan Kabupaten Simeulue untuk mendatangi langsung warga yang tempat tinggalnya jauh di pelosok daerah terpencil itu, yang terkendala transportasi dan menyita waktu serta biaya untuk mendatangi kantor BPJS Kesehatan Simeulue yang berada di Kota Sinabang.

Juga mempertimbangkan kondisi fisik warga lanjut usia serta balita, hanya untuk pengurusan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Setelah tahap awal mendatangi dan perekapan data administarsi langsung ke calon peserta yang tinggal di daerah jauh.

Setelah tuntas proses perekapan data administrasi calon peserta, kemudian tahap kedua pihak BPJS Kesehatan Simeulue ?kembali mendatangi warga tersebut, untuk menyerahkan kartu identitas peserta BPJS Kesehatan yang telas selesai diproses dan untuk dapat digunakan.

“Banyak faktor yang harus kita pertimbangkan kondisi warga yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan. Setelah kita datangi kemudian kita data dan melengkapi administrasinya, setelah siap kartu BPJS nya, kembali kita datang untuk menyerahkannya,” imbuhnya.

Data yang diterima Harian Rakyat Aceh, dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Simeulue, sekitar 93.724 jiwa penduduk yang tersebar di 138 desa yang ada di 10 Kecamatan. Dan 90.745 jiwa telah resmi terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. (ahi/rus).