Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 16 Mar 2020 03:42 WIB ·

Enam Kabupaten Segera Bentuk Dinas Pertanahan


 Enam Kabupaten Segera Bentuk Dinas Pertanahan Perbesar

Banda Aceh (RA) Enam Kabupaten/kota di Aceh dihimbau segera membentuk dinas pertanahan masing-masing agar segala permasalahan soal tanah dapat diselaraskan dan saling mendukung dengan dinas provinsi.

Kadis Pertanahan Aceh Edi Yandra yang ditanya wartawan, Senin (16/3) menyebutkan himbauan ini sesuai dengan sambutan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat lounching SIM Tanah di aula kantor Gubernur Aceh, pekan lalu.

Menurut Edi dengan telah adanya dinas pertanahan sesuai dgn permendagri 95 Tahun 2016, pemerintah aceh lehih siap nantinya dalam proses menerima pengalihan kewenangan BPN ke Pemerintah Aceh melalui dinas pertanahan sesuai dgn regulasi UU 11 Tahun 2006 dan turunannya Perpres 23 tahun 2015, sementata ini menunggu pengalihan kewenangan dinas pertanahan bersama BPN terus berkoordinasi dan mensinkronisasikan kegiatan pertanahan bagi masyarakat dan saling bahu membantu urusan pertanahan yang ada di seluruh Aceh.

Selain itu, terkait penyelesaian konflik, penatagunaan tanah dinilai Edi masih menjadi persoalan mendasar sehingga perlu diselesaikan dengan. Baik tanpa berlarut-larut dan tidak menimbulkan persoalan hukum.

Dengan telah dilakukan lounching SIM Tanah maka seluruh kabupaten/kota dapat berperan aktif menghimpun seluruh pendataan tanah yang meliputi 20 data tanah mulai dari tanah kawasan hutan sampai dengan tanah milik masyatakat sesuai dengan Pergub no 81 tahun 2019 tentang SIMTANAH di daerahnya masing-masing

Enam daerah yang belum terbentuk diantaranya Banda Aceh, Kota Langsa, Pidie, Pijay, Aceh Jaya dan Nagan Raya. (imj)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Bank Aceh Layani Penukaran Uang Menjelang Idul Fitri 1445 H

28 March 2024 - 21:36 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Pemuda Aceh Reformasi Minta Pj Gubernur Aceh segera Lantik Kepala BPKS Definitif

28 March 2024 - 15:10 WIB

166 Siswa MA Aceh Besar Diterima Kuliah Lewat Jalur Prestasi

28 March 2024 - 13:51 WIB

Tingkatkan Keamanan, Kemenkumham Aceh Rssmikan Blok Hunian Maximum Security di Lapas Banda Aceh

27 March 2024 - 05:03 WIB

Trending di METROPOLIS