KTU RSU Bener Meriah melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung RSU Muyang Kute Bener Meriah di pintu gerbang masuk RSU setempat, Rabu (18/3).

Satpol PP Cek Suhu Pengunjung

REDELONG (RA)- Dalam rangka upaya penyebaran virus corana (covid-19) pihak RSU Muyang Kute Bener Meriah meniadakan jam besuk (bertamu) dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap pengujung RSU Muyang Kute Bener Meriah, Rabu (18/3).

Pemeriksaan tersebut dilakukan di pintu gerbang masuk RSU Muyang Kute Bener Meriah oleh sejumlah petugas Satpol PP dan Satpam di RSU tersebut.

Pantauan Rakyat Aceh, selain melakukan pemeriksaan petugas Satpol PP Bener Meriah yang bertugas turut melakukan sosialisasi dan menghimbau para anak-anak yang berkunjung bersama keluarga ke RSU agar tidak keluar rumah selama libur sekolah yang ditentukan selama 14 hari kedepan.

Kepala Bagian Tata Usaha RSU Muyang Kute Bener Meriah, Zakaria SKM menyampaikan, pemeriksaan tersebut dilakukan sesuai dengan intruksi kepala daerah hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mendeteksi penyakit corana dan langkah antisivasi. “Untuk saat ini jam besuk sudah ditiadakan dan semua pintu sudah kita tutup sehingga hanya ada satu pintu masuk dan keluar menuju RSU,“ ungkap Zakaria.

Ia menambahkan, apabila terdapat suhu di atas 38 derajat celcius pihaknya akan melakukan scerening, wawancara dan mengambil suatu kesimpulan apakah orang tersebut termasuk ODP (orang dalam pengawasan).

Zakaria menerangkan, pasien yang dirawat di RSU saat ini hanya boleh didampingi oleh satu keluarga pasien yang sehat. “Kami juga menghimbau kepada keluarga pasien untuk tidak berkunjung ke RSU kecuali berobat,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga mengaku sudah menyediakan ruangan isolasi di UGD yang bisa digunakan apabila ditemukan gejala penderita covid-19. “Disini hanya tempat translite saja sebelum merujuk ke rumah sakit yang telah di tentukan pemerintah,” ujarnya.

Zakaria menyebutkan, RSU Muyang Kute juga sudah memiliki fasilitas yang memadai serta membentuk APD dan tim dokter.

Sementara itu pimpinan Regu Samapta Satpol PP Bener Meriah, Amad J menyampaikan, jumlah Satpol PP yang ditugaskan setiap harinya sebanyak 10 orang dan dibagi kedalam dua sip yaitu sip malam dan siang.

“Kami akan melakukan pemeriksaan 1×24 jam terhadap seluruh pengunjung RSU termasuk pegawai RSU Muyang Kute mengunakan alat pengukur suhu tubuh yang telah disiapkan oleh pemerintah darah,” ungkapnya. (uri/bai)