Seminar Pengembangan Bahasa Arab Dihadiri Ratusan Santri

Foto bersama: santri foto bersama pemateri disela sela seminar cara belajar bahasa Arab dengan mudah tanpa melupakan metode lama yang telah diajarkan di dayah. For Rakyat Aceh.

BIREUEN (RA) – Seminar pengembangan bahasa Arab dihadiri oleh ratusan santri, di aula kampus IAI Al Aziziyah, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen beberapa hari lalu.

Adapun para santri berasal dari Dayah Mudi Mesra Samalanga, Dayah Jami’ah Al Aziziyah Kuta Gle Batee Iliek, Dayah Ummul Ayman Samalanga dan santri Dayah Darul Munawarah Kuta Krueng, Pidie Jaya.

Kabid Pendidikan Mabna Lughah MUDI Samalanga, Tgk Juhaini mengatakan seminar pengembangan bahasa Arab menghadirkan pemateri Syekh ‘Amir As-Siba’I yang saat ini menjabat sebagai Direktur Akademik The Mother Tongue Center Arabic Language Learning Abu Dhabi, Dubai.

Pemateri juga didampingi Habib ‘Alwi Syihab dari Mudir Arabic Lingual Center Jawa Timur dan Habib Ahmad Al-Mujtaba.

“Kosakata yang ada telah dikumpulkan dalam bentuk flash card yang dapat diakses melalui komputer atau aplikasi smartphone, aplikasi tersebut juga memiliki banyak latihan interaksi,” ujar Tgk Munawir.

Dijelaskan, pada sesi kedua seminar tersebut, diadakannya kelas percontohan yang melibatkan 10-15 santri dengan kemampuan yang seragam dalam bahasa Arab.

“Keunggulan metode tersebut adalah penggunaan pengajaran bahasa Arab yang pendekatannya sangat komunikatif, penggunaan teknik modern dan teknologi terbaru dalam bidang pendidikan. Modulnya memiliki tingkatan serial pemula, serial tingkat dasar, tingkat menengah dan tingkat lanjut,” kata Tgk Munawir yang juga kepala program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IAI Al-Aziziyah Samalanga.

Tujuan utama diselenggarakannya seminar tersebut, agar peserta seminar yang umumnya para santri dapat memahami cara belajar bahasa Arab dengan mudah tanpa melupakan metode lama yang telah diajarkan di dayah. (mag-84/rus).

Baca Juga...  Rumah Warga Ambruk ke Sungai Akibat Abrasi