Wakil Rakyat ” Murka” , Sejumlah Pukesmas Didapati Acuh Tangani Corona

Kasri Selian Politikus Hanura

KUTACANE (RA) – Wakil Rakyat Kabupaten Aceh Tenggara menunjukkan kemarahannya, terkait pelayanan penanganan Virus Corona dilakukan tiga Pukesmas di didaerah itu.

Ketiga Pukesmas itu, diketahui Pukesmas Mamas, di Kecamatan Nurul Hsanah, Pukesmas Kota Kutacane di Kecamatan Babussalam dan Pukesmas Kutambaru di Kecamatan Lawe Bulan.

“Kami Kecewa pelayanan standar diberikan tiga Pukesmas ini terhadap penaganan Pencegahan Virus Corona. Menurut kami para medis di Pukesmas itu Acuh terhadap wabah Covid 19,” Kata Kasri Selian, Politikus Hanura, saat Inspeksi mendadak kesejumlah Pukesmas, Kamis (19/3).

Diketahui, Kunjungan kerja dikakukan wakil Rakyat, Seperti di Pukesmas Nurul Hasanah, disana para petugas Medis tidak mengetahui prosedur menangani wabah Corona. Bahkan alat untuk mengecek suhu badan juga tidak dimiliki Pukesmas dimaksud, bagitu juga ketersedian Masker yang tidak ada.

Lalu, pada Pukesmas Kota Kutacane, kepala Pukesmas tidak ada ditempat, begitu juga pengetahuan petugas medis terhadap Corona di Pukesmas ini dinilai minim.

” Padahal Bupati Aceh Tenggara telah mengeluarkam surat edaran terhadap siaga Firus Corona (Covid19). Namun terjadi dilapangan masih sangat jauh dari harapan,” Kata Kasri Selian Tegas.

Begitu juga kesiapan Pukesmas Kutambaru, Kecamatan Lawe Bulan, disana wakil Rakyat menilai, tidak ada persiapan apapun terhadap pemcegahan Wabah mengkhawatirkan penduduk Dunia itu.

” padahal dalam surat edarab Nupati itu Jelas disebutkan, pada Poin B dan C. Namun sangat disayangkan para Petugas medis maupun kepala Pukesmastidak memiliki pemahaman yang mumpuni, agar sigap dalam melakukan penanganan terhadap pasien nantinya kalau dinyatakan Positif,” jelasnya.

Hal sama juga dikatakan, Sopian Sekedang Politikus Partai Demokrat, menurutnya penangana pencegahan Virus Corona di tiga Pukesmas itu tidak terkondisikan. Terkait ini para wakil Rakyat akan menyurati Kepala Dinas Kesehatan begitu juga Bupati untuk meng evaluasi Kinerja Kepala Pukesmas.

Baca Juga...  Refocusing Covid-19 Kembali Sedot Anggaran Simeulue

” Penanganan Virus Corona ini merupakan intruksi Bupati, meneruskan edaran Gubernur dan kewajiban bagi Stekholder untuk menindak lanjuti, di masing- masing perangkat pemerintah daerah,” terangnya.

Adapun Inspeksi mendadak dilakukan dipimpin Langsung Ketua DPRK Aceh Tenggara Denni Febrian Roza, Wakil Ketua II DPRK Maruwan Hanafi, dimana tempat pertama dikunjungi rumah sakit Umum serta sejumlah Pukesmas. (VAL)