Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 20 Mar 2020 07:50 WIB ·

Keurukon Katibul Wali Susun Rancangan Reusam


 Keurukon Katibul Wali Nanggroe gelr rapat kerja menyusun draft rancangan reusam Reusam Protokoler, Reusam Bentara, dan Reusam Imum Mesjid serta Imum Meunasah, Kamis (19/3). (for rakyat aceh) Perbesar

Keurukon Katibul Wali Nanggroe gelr rapat kerja menyusun draft rancangan reusam Reusam Protokoler, Reusam Bentara, dan Reusam Imum Mesjid serta Imum Meunasah, Kamis (19/3). (for rakyat aceh)

BANDA ACEH (RA) – Keurukon Katibul Wali Nanggroe kembali menyusun beberapa rancangan Reusam sebagai instrument penguatan Kelembagaan Wali Nanggroe.
Reusam dirancang oleh seluruh unsur yang ada di Keurukon Katibul Wali Nanggroe diantaranya; Reusam Protokoler, Reusam Bentara, dan Reusam Imum Mesjid serta Imum Meunasah.

“Reusam-reusam ini sebagai penguatan fungsi dan peran Wali Nanggroe sebagaimana yang diamanahkan dalam UUPA,” kata Katibul Wali Nanggroe Usman Umar, S.Sos, Kamis (19/3).
Usman menjelaskan, ada banyak peran dan fungsi Wali Nanggroe yang diatur dalam UUPA, namun belum memiliki aturan pelaksananya yaitu melalui reusam.

“Secara landasan hukum sudah cukup kuat, sedangkan landasan operasionalnya belum ada, ini yang sekarang kita rumuskan,” kata Usman.

Usman memberi contoh, dalam UUPA telah diatur bahwa pembinaan dan pengawasan Imum Chiek (Masjid) dan Imum Meunasah menjadi kewenangan Wali Nanggroe, namun sampai sekarang belum ada aturan pelaksananya. “Ini lah yang sedang kita susun,” kata Usman.

Dari hasil rapat kerja selama dua hari seja 17-18 Maret 2019, tim penyusun telah merampungkan draft rancangan reusam Reusam Protokoler, Reusam Bentara, dan Reusam Imum Mesjid serta Imum Meunasah.

“Untuk Reusam Imum Masjid dan Imum Meunasah, kita sudah siapkan quisioner untuk melakukan survey,” kata Usman.

Survey tersebut bertujuan untuk mendapatkan data apa dan bagaimana keiginan masyarakat terkait Reusam Imum Masjid dan Imum Meunasah.

“Dengan reusam yang akan lahir nanti diharapkan akan menjadi pedoman sehingga keberadaan Imum Masjid dan Imum Meunasah akan kuat secara kelembagaan. (ril/min)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Cek Sejumlah SPBU di Gayo Lues

28 March 2024 - 22:25 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Trending di UTAMA