Calang – (RA) Walaupun telah dilakukan penyegelan oleh Satpol PP Aceh Jaya penginapan sekelas hotel bintang tiga masih beroperasi menampung bulek pada penginapan, III Ocean View Gampong Kuala Ligan Kecamatan Sampoenit, Rabu (25/3).

Sebagaimana data yang dihimpun Harian Rakyat Aceh, sejak tiga tahun lalu bulek dari sejumlah negara berdatangan dan menginap dikawasan tersebut pada bangunan yang belum memiliki izin resmi dari Pemerintah Daerah tanpa membayar pajak secara resmi.

Hal tersebut dibenarkan Keucik Gampong Kuala Ligan Kecamatan Sampoenit, Suardi, Kepada Rakyat Aceh mengungkapkan memang saat ini sedang dilakukan pengecekan dari pihak imigrasi dan serta petugas medis Kapolsek serta Koramil dalam mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19.

Setelah hadirnya dari pihak imigrasi bulek yang sedang berwisata tersebut bersedia pindah, dari lokasi bangunan yang belum memiliki izin tersebut.

Namun demikian, kami selaku masyarakat Gampong Kuala Ligan telah menandatangani petisi terkait penolakan pengelolaan penginapan tersebut memang tidak memiliki izin untuk beroperasi dari Pemerintah dan kami tidak akan mengeluarkan rekomendasinya, tegas Suardi

Tentu degan harapan pihak-pihak terkait agar menyahuti aspirasi masyarakat, sehingga segala bentuk kegiatan di lokasi tersebut tidak akan terulang kembali.

Kepala Dinas Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Rosniar, mengungkapkan memang sebelumnya sempat dilakukan penyegelan oleh Pihak Satpol PP, dikarenakan memang pihak pengelola belum mengantongi izin bagunan dan izin operasional. “sejauh ini pihak pengelola belum memberikan selembar kertas pun, apakah mereka sedang negosiasi dengan pihak Desa itu hak mereka karena kita tidak boleh ikut campur”. katanya

Namun demikian baik adanya, orang asing yang menempati penginapan tersebut itu diluar sepengetahuan dikarenakan memang lokasi tersebut aga jauh perumahan warga, jika ada orang asing disana itu wewenang pihak imigrasi. (say).