BANDA ACEH (RA) – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi atau akrab disapa Syech Fadhil, mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh untuk bergerak bersama melalui gerakan tiada hari tanpa sedekah.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu warga miskin serta pekerja lepas yang terkena dampak ekonomi di tengah-tengah wabah Corona yang sedang menerjang Indonesia saat ini. Hal ini disampaikan Syech Fadhil kepada para wartawan, Rabu (25/3/2020)

 “Sebagai gerak awal, saya dan tim sudah memulai beberapa hari yang lalu. Saya berharap gerakan ini juga bisa diikuti oleh siapa saja, utamanya gampong-gampong,” kata Syech Fadhil.

“Tak perlu menunggu sikap pemerintah karena ini tanggungjawab bersama. Mari bantu sebisa mungkin orang-orang terdekat di lingkungan kita yang membutuhkan untuk menghadapi masa masa sulit seperti sekarang,” ujar Syech Fadhil tanpa menafikan usaha dan kebijakan pemerintah.

Yang namanya sedekah, kata Syech Fadhil, dapat disalurkan dalam bentuk apapun dan seikhlas mungkin. “Semampu kita dan yang paling dibutuhkan saat ini adalah sembako untuk mereka yang tak dapat atau terganggu pekerjaannya selama wabah ini berlangsung,” ujar mantan ketua IKAT ini lagi.

Gerakan ini, kata Syech Fadhil, merupakan bentuk solidaritas sosial. Harapannya, setiap komunitas atau gampong juga mulai menggagas gerakan tiada hari tanpa sedekah, dalam bentuk apa saja.

“Utamanya sembako bahan pokok untuk ketahanan pangan gampong yang nantinya disalurkan ke keluarga-keluarga yang terdampak dengan kondisi ini,” kata sahabat ustadz Abdul Somad ini lagi.

“Ini gerakan social, dan bukan harus melalui kami. Setiap orang bisa, organisasi apapun bisa bergerak bersama-sama. Yang penting tak ada orang yang kelaparan selama masa darurat ini berlangsung. Ini tanggungjawab bersama,” kata Syech Fadhil lagi disela-sela kegiatan berbagi sembako yg digagasnya. (ra)