BANDA ACEH (RA) – Ditengah merebaknya Corona Virus Deasis (Covid 19) di Aceh, perusahaan yang memproduksi Amla Fruit Tea, Ershal Herbal menyumbangkan 1.350 tea bag siap saji untuk para tim medis di dua Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Banda Aceh pada Jumat kemarin, 27/3/2020.

Sumbangan teh herbal tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Asosiasi Saudagar Industri Aceh (ASIA) Ismi Radhiallah Yaqut, yang diterima oleh perwakilan Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, dr. Sofyan Qadri Rozi Dalimunthe serta Nutrisionis Fitri Aisyah dari perwakilan Rumah Sakit Umum Meuraxa.

Direktur Utama Eshal Herbal, Zaid Bayu Isra, mengatakan penyerahan donasi untuk Rumah Sakit Umum Zainal Abidin dan Rumah Sakit Umum Meuraxa karena dianggap rumah sakit yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi Corona Virus Deasis (Covid 19). Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dukungan UMKM Aceh dan ASIA terhadap tim medis yang paling rentan terinveksi penularan penyakit Covid-19.

“Sejak mulai tersebarnya Virus Corona di Indonesia awal Maret 2020, kami prihatin dan was-was akan penyebarannya. Di satu sisi kita khawatir terhadap kesehatan masyarakat, di sisi lain kita juga khawatir dengan kawan-kawan yang berprofesi sebagai dokter, merekalah yang paling berisiko terinfeksi virus,” kata

Dia berharap dengan penyerahan teh ekstrak amla yang kaya akan vitamin C dan antioksidan tersebut akan meningkatkan daya tahan tubuh bagi tim medis rumah sakit rujukan Covid-19.

“Kami memang belum mampu menyumbang APD bagi Tim Medis, mudah-mudahan dengan The Ekstrak Amla kami Tim Medis Rumah Sakit tersebut tetap terjaga kesehatannya dan terhindardari Covid-19.” ujar pria yang biasa disapa Bayu.

Untuk diketahui bersama, terkait rahasia imun tubuh manusia. Yang dibeberkan oleh salah seorang Alumni Farmasi Universitas Syiah Kuala yang saat ini sedang mengambil kuliah Apoteker di Yogyakarta, Friska Masyitah, mengatakan manfaat vitamin C bagi tubuh termasuk antioksidan kuat.

Vitamin C berperan dalam pertahanan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan diferensiasi dan proliferasi sel B dan sel T sehingga sel B dan sel T banyak di dalam tubuh kita dan memperkuat pertahanan system imun kita. Maka untuk mencegah datangnya penyakit, konsumsilah makanan dan minuman yang kaya vitamin C dan Antioksidan.” Terang Friska.

Dilansir dari website www.nutritionfacts.org pakar medis dan dokter Amerika Serikat, Michael Greger M.D. FACLM, menyatakan Buah Amla memiliki keunggulan jumlah antioksidan dari 3100 jenis makanan lainnya.

Dari sumber lainnya juga didapati Vitamin C pada buah Amla 20 kali lebih banyak dari jeruk biasa. Dengan kadar Vitamin C seperti ini, konsumsi Amla saja sudah bisa memenuhi kebutuhan harian Vitamin C untuk setiap pribadi manusia.

Bukan hanya menyumbangkan 1.350 tea bag siap saji untuk para tim medis di dua Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Banda Aceh, perusahaan Ershal Herbal juga memberikan hal serupa untuk posko covid Sekretariat Daerah Aceh sebanyak 20 kotak teh amla.

Ia harap, dengan bantuan ini akan meberikan dampak positif bagi tim posko covid Sekretariat Daerah Aceh agar stamina dan daya tahan tubuh tetap terjaga dalam menjalankan tugas untuk menginfokan kepada seluruh masyarakat Aceh. (ra)