Brigadir Rahman, dari Pos Polisi Sektor Kutablang, Bireuen, memperlihatkan celengan yang ditemukan warga.AKHYAR RIZKI/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Satu celengan yang terbuat dari plat besi dan terdapat rantai, ditemukan warga di pinggir ruas jalan nasional kawasan Desa Paya Rangkuluh, Kecamatan Kutablang, Bireuen, Minggu (29/3) pagi.

Celengan yang kemungkinan milik masjid atau meunasah tersebut di temukan warga setempat sekitar pukul 06.00 WIB.

Informasi yang diperoleh awak media, celengan yang diyakini milik masjid tersebut, ditemukan oleh seorang warga Desa Paya Rangkuluh, bernama Zakaria (80).

Zakaria, pulang dari masjid Jamik Kutablang usai salat Subuh. Setiba di kawasan itu, ia melihat ada benda tergeletak di pinggir jalan, kemudian mendekati untuk memastikan, ternyata celengan dari besi sudah tergeletak di lokasi tersebut.

“Saat pagi itu, Zakaria mengabari warga lain untuk mengambil celeng tersebut. Jika kita lihat dari bentuknya, sepertinya celengan itu hasil curian yang sudah di ambil isinya kemudian dibuang,” ujar Sabri, warga Kutablang saat dimintai keterangannya.

Beberapa saat kemudian anggota Babinkabtimas datang dan mengamankan celeng tersebut.

Kepala Pos Polisi Sektor Kutablang, Bireuen, Aiptu Jusman yang didampingi Brigadir Rahman mengatakan, kunci celengan sudah dipotong dan di dalam hanya tersisa uang recehan sekitar Rp10 ribu.

“Melihat dari bentuk dan kaki celengan, kemungkinan besar itu celeng mesjid. Namun, milik masjid mana belum dapat di pastikan,” kata Jusman.

Saat ini, celeng temuan sudah diamankan di Pos Polisi Sektor Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen. (mag-84/bai)