Pawai Obor dan Doa Tolak BalaWarga Cot Keutapang Keliling Kampung

Ratusan warga Desa Gampong Cot Keutapang, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, melaksanakan pawai obor keliling kampung sambil membacakan doa tolak bala, Sabtu (28/3) malam.AKHYAR RIZKI/RAKYAT ACEH

BIREUEN (RA) – Ratusan warga Desa Gampong Cot Keutapang, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, melaksanakan pawai obor keliling kampung sambil membacakan doa tolak bala, Sabtu (28/3) malam.

Kegiatan itu di gelar dalam rangka mencegah agar terhindar dari wabah virus Corona di daerah tersebut. Acara itu di digagas oleh pemuda dari lembaga kepemudaan gampong Karang Taruna Desa setempat.

Dalam amatan media, walaupun acara tersebut di gagas oleh lembaga kepemudaan, namun semua warga ikut berpartisipasi mengikuti acara tersebut, baik orang dewasa (orang tua), anak-anak dan sejumlah perempuan juga mengikuti acara tersebut.

Ketua Pemuda Desa Cot Keutapang, Rahmad Nur mengatakan, kegiatan bersama tersebut merupakan hal yang dilakukan oleh leluhur terdahulu, dalam rangka mencegah dan berharap kepada Allah agar terhindar dari segala penyakit.

“Untuk mengantisipasi virus corona, disamping berihktiar untuk menjaga diri dari musibah, juga dituntut bertawakal kepada Allah karena semuanya akan selesai di saat manusia mau berlindung dan mengharap pertolongan Allah,” ujar Rahmad.

Sementara itu, Keuchik Desa Cot Keutapang, Mulyadi Andip juga mengatakan, kegiatan tersebut merupakan adat dan kepercayaan dari dulu orang Aceh, saat datangnya musibah yang mewabah menimpa orang Aceh.

“Dulu setiap gampong di Aceh, setelah magrib selalu membacakan surat yasin dan selepas salat Insya masyarakat belajar dan mengajar mengaji Alquran dan kitap kuning di gampong. Namun jika wabah penyakit melanda warga, mereka secara bersamaan membacakan doa tolak bala,” kata Mulyadi.

Anggota DPRK Bireuen, Hasanuddin Usmal yang turut menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, dalam pawai obor dan doa tolak bala tersebut, seluruh masyarakat mengelilingi gampong dengan membawa obor serta membaca doa tolak bala.

“Warga Desa Cot Keutapang secara kompak menyukseskan kegiatan tersebut, semoga kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh untuk desa lain,” sebutnya. (mag-84/bai)