TAPAKTUAN (RA)– Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Aceh Selatan, Zulmas memberi bantuan sembako untuk para wartawan yang tergabung dalam wadah PWI Aceh Selatan.Bantuan ini diberikan karena ditetapkan social distancing atau pembatasan aktivitas sosial guna meminimalisir atau menekan penularan penyakit Covid 19 di Kabupaten Aceh Selatan.

“Bantuan Sembako dalam bentuk uang tunai ini kita serahkan untuk membantu kebutuhan hidup rekan – rekan wartawan yang tergabung dalam wadah PWI Aceh Selatan. Kita berharap dengan adanya bantuan sembako ini kawan – kawan bisa tetap melaksanakan tugas – tugas Jurnalistiknya sesuai ketentuan yang diberlakukan Pemerintah,” kata Ketua PWI Aceh Selatan, Zulmas, Senin (30/03/2020).

Menurut Zulmas, persoalan virus Corona atau Covid 19 ini sangat dirasakan dampaknya oleh masyarakat terutama para pedagang dan wiraswasta lainnya, karenanya menurut Zulmas PWI selaku organisasi kewartawanan di Aceh Selatan perlu ambil bagian dalam membantu meringankan kebutuhan hidup para anggotanya. “Kita berharap musibah yang sedang melanda Negeri ini bisa cepat teratasi,” ungkap Zulmas.

Zulmas juga mengungkapkan bahwa pihaknya siap membantu pemerintah dalam hal pemberitaan positif, sebab dengan kondisi seperti ini wartawan harus mampu memfilter pemberitaan yang bersifat memperkeruh suasana. “Berita – berita yang dapat memunculkan polemik dan memperkeruh kestabilan daerah harus mampu kita filter, mari sama – sama kita bantu pemerintah dalam hal pencegahan dan penanganan Covid 19 ini,” papar Zulmas.

Pada kesempatan itu, Zulmas juga menerangkan untuk penguatan organisasi PWI Aceh Selatan dibantu oleh beberapa Pokja, dinataranya Pokja Organisasi Hukum dan Advokasi diketuai, Adv Muhammad Taufik Zas, SH M.Kn (Harian Serambi Indonesia), Pokja Bidang Pendidikan dan Media Siber, Masluyuddin SE (Analisa), Pokja Bidang Kesejahteraan dan Olahraga, Faisal A.Md (Waspada), Pokja Bidang Seni Budaya dan Pariwisata, M Thaisir (AcehImeg.com), Pokja Bidang Hubungan Antar Lembaga, Heriansyah Putra (Harian Andalas).

Sementara itu, Sekretaris PWI Aceh Selatan, Ichdar Ifan ST (InewsTV) didampingi Bendahara Yunardi M.IS (Harian Orbit) dan anggota PWI Aceh Selatan, Fathayatul Ahmad S.Pd, M.Pd (Harian Rakyat Aceh) berpesan agar para jurnalis selalu menjaga kesehatan dan kebersihan serta selalu Safety terutama saat berhadap dengan narasumber. ”Ikuti petunjuk protokol kesehatan sebagaimana arahan Kemenkes RI dalam hal pelaksanaan tugas – tugas Jurnalistik,” pesan , Ichdar Ifan ST.(Yat).