Quote Presiden Joko Widodo
“Pemerintah telah menetapkan Covid-19 sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat.

JAKARTA (RA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dalam menghadapi virus Corona.

Selain itu, untuk mengatasi dampak penyebaran wabah tersebut, pemerintah menggunakan opsi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Pemerintah telah menetapkan Covid-19 sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Dan oleh karenanya, pemerintah menetapkan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat,” kata Jokowi saat menggelar konferensi pers melalui telekonferensi, Selasa (31/3).

Keputusan itu, kata Jokowi, diambil dalam rapat kabinet. Jokowi melanjutkan, pelaksaan PSBB nantinya akan ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Monardo.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menerangkan bahwa dasar hukum pelaksaan kebijakan itu adalah Undang-yndang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Pemerintah juga sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dan Keppres Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat untuk melaksanakan amanat undang-undang tersebut,” jelas Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan dengan terbitnya PP ini, maka semua kebijakan mengenai penanganan virus Corona sudah jelas. Dia meminta kepala daerah tidak keluar dari dua payung hukum tersebut.

“Para kepala daerah saya minta tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi. Semua kebijakan di daerah harus sesuai dengan peraturan, berada dalam koridor undang-undang, PP, serta Keppres tersebut,” kata dia.

Selain itu, Jokowi juga meminta Kapolri Jenderal Idham Azis untuk memedomani aturan tersebut dalam mengambil tindakan.

“Polri juga dapat mengambil langkah-langkah penegakan hukum yang terukur dan sesuai undang-undang agar PSBB berlaku secara efektif dan mencapai tujuan mencegah meluasnya wabah,” tandas Jokowi.

Cadangkan Rp 25 Triliun Untuk Kebutuhan Pokok
Jokowi berjanji memastikan kebutuhan pokok masyarakat di seluruh wilayah Indonesia terpenuhi di tengah pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena wabah virus corona (Covid-19) saat ini.

Presiden dua periode ini mengumbar besaran dana yang dimiliki pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut. Tidak tanggung-tanggung, sebesar Rp 25 triliun disiapkan.

“Antisipasi kebutuhan pokok, pemerintah mencadangkan Rp 25 triliun untuk kebutuhan pokok operasi pasar dan logistik,” katanya.

Adapun dasar pemberlakukan PSBB yang diterapan Presiden Jokowi yakni UU 6/2018 tetang Kekarantinaan Kesehatan, menerbitkan PP tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar, dan Keppres penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat.

“Jadi pemerintah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat,” singkat Jokowi. (tan/jpnn/rmol/min)