Ketua DPRK Aceh Tengah, Arwin Mega (tiga dari kiri) bersama Sekwan dan anggota DPRK lainya berbincang dengan anggota tim gugus depan sebelum memulai pertemuan resmi di ofroom Sekdakab setempat. JURNALISA/RAKYAT ACEH

TAKENGON (RA) – Sejumlah anggota DPRK Aceh Tengah meninjau posko Satuan Gugus Penanganan Covid-19 yang bertepat di gedung ofroom Setdakab, Rabu (1/4). Kedatangan anggota legislatif langsung dipimpin Ketua DPRK Aceh Tengah, Arwin Mega.

Kahadiran anggota DPRK, guna meninjau kesiapaan gugus tugas serta memberi dorongan dan dukungan kepada pihak terkait yang sudah menjadi garda terdepan dalam penanganan covid-19 di dataran tiggi Gayo.

Ketua Gugus Tugas, Ishak menyampaikan, Pemkab Aceh Tengah telah menyiapkan empat titik Pos Pantau di Kecamatan Linge (Simpang Simpil), Puskesmas Celala, Pos Ketol (pos retribusi) dan Pos Retribusi Bukit Sama dan beberapa langkah pencegahan.

Ditambah Kadis Perhubungan Aceh Tengah, Jauhari, bahwa petugas jaga di pos terus berupaya melakukan pengawasan dengan baik meski ada beberapa yang masih butuh penanganan serius. “Sesuai arahan bupati, petugas dari bidang kesehatan harus ditambah serta ada pembagian jam kerja,” kata Jauhari.

Untuk jasa angkutan barang kebutuhan, tidak ada larangan dari Kementerian Perhubungan, namun masyarakat diharap untuk tetap waspada serta menghindari keramaian. “Kalau sopir suhu badan melebihi standar dihimbau isolasi mandiri,” kata Jauhari.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan edukasi penyemprotan yang dilakukan di kampung-kampung. Petugas di Pos Perbatasan juga dibekali dengan APD.

“APD ini ada dua jenis, APD umum yaitu sarung tangan dan maskes yang standar, sementara APD lengkap dipergunakan di rumah sakit. Cadangan kita mungkin hanya bisa bertahan untuk satu bulan ke depan,” ungkap Jayusman.

Kebutuhan stok masker di Dinas Kesehatan masih tersedia 4000 pcs, 2000 untuk RSU dan 2000 untuk Dinas Kesehatan. Rapid test tersedia 40 buah untuk RSU Datu Beru dan PSC. “Karena ada arahan setiap kampung menyediakan rumah singgah, maka kita akan persiapkan juga APDnya,” kata Jayusman.

Menerima laporasan dari Gugus Tugas, Ketua Fraksi Golkar Muchsin Hasan menyatakan bahwa DPRK akan memberikan dukungan penuh. “Kami selalu siap siaga.

Jika diminta untuk koordinasi dan lainnya untuk upaya pencegahan covid-19. Kami siap memberi dukungan serta support bagi petugas terkait,” kata Muchsin. (jur/bai)