Para guru dan siswi SMKN 3 Karang Baru bagikan masker kepada masyarakat yang melintas di kawasan Jl. Ir. H. Juanda tepatnya didepan komplek perkantoran Aceh Tamiang. (ist)

ACEH TAMIANG (RA) – Para guru dan siswa SMKN 3 Karang Baru, Aceh Tamiang, membagikan masker kepada masyarakat yang melintas di kawasan Jalan Ir H Juanda tepatnya di depan komplek perkantoran Aceh Tamiang, Senin (6/4).

Aksi ini dipimpin langsung Kepala SMKN 3 Wardiana, S.Pd. Dirinya bersama guru dan siswa membagi-bagikan masker berbahan kain buatan tangan para guru dan siswi secara gratis kepada masyarakat umum yang melintas.

“Penggunaan masker (penutup) wajah tentu bukan jaminan kita tidak akan tertular virus corona, sebab virus juga dapat menular melalui mata karena partikel virus kecil, yang dikenal sebagai aerosol.

Partikel virus kecil tersebut dapat menembus masker yang kita gunakan. Namun, masker dinilai efektif untuk menahan tetesan (droplet) sebagai rute transmisi utama dari coronavirus,” kata Wardiana.

Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kondisi sekarang, setidaknya melakukan pencegahan dalam upaya kecil yaitu dengan sadar akan pentingnya menggunakan masker.

Wardiana juga menyarankan apabila mau tetap sehat tanpa corona? Maka pakailah masker ke manapun anda pergi, rajin mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak fisik, dan makanlah makanan yang bergizi, jangan lupa berolah raga. Serta jaga kesehatanmu, keluargamu, tetanggamu, dan juga lingkunganmu. (urd/slm)