Tim Evakuasi mengenakan baju steril saat melakukan persiapan saat hendak masuk ke pesawat tipe A-330 milik Batik Air yang akan terbang ke Wuhan beberapa waktu lalu. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Harianrakyataceh.com – Persatuan  Dermatolog-Venerolog (SNDV) Prancis, mengungkapkan bahwa ada gejala baru terkait infeksi virus corona baru (covid-19).

Artinya, selain demam, batuk dan sesak napas merupakan gejala umum, SNDV menemukan gejalu baru berupa kelainan di area kulit, lansir Nypost mengutip BGR.

Para ahli tersebut menyebut gejala covid-19 juga bisa terlihat di permukaan kulit, seperti radang, gatal-gatal dan kemerahan.

Kemerahan pada kulit ini tiba-tiba bisa sangat menyakitkan dan kadang timbul lesi akibat reaksi peradangan yang terjadi pada bagian atas lapisan dermis kulit.

“Analisis dari banyak kasus yang dilaporkan ke SNDV menunjukkan bahwa manifestasi ini dapat dikaitkan. Kami memperingatkan masyarakat dan profesi medis untuk mendeteksi pasien yang berpotensi menular secepat mungkin,” ungkap SNDV dalam keterangan reami.

Pasien pun disarankan untuk cepat berkonsultasi gejala di permukaan kulit, selain gejala umum.

Dirjen Kesehatan Prancis Jerome Salomon, mengatakan tidak mengetahui informasi terkait gejala dermatologis pada pasien covid-19.

Menurutnya, hingga kini orang tak benar-benar tahu tentang covid-19 secara utuh. Para ahli pun masih mempelajarinya. (BGR/mg8/jpnn)