BANDA ACEH (RA) – Sejak pemerintah menetapkan masa tanggap darurat COVID-19 akhir Maret 2020 lalu, masyarakat telah mengalami dampak antara lain pengurangan aktivitas luar ruangan dan aktivitas berkumpul lainnya.

Tidak terkecuali masyarakat yang tinggal di kawasan padat penduduk di Dusun Teratai dan Goheng sekitarnya. Pada Minggu (12/4/2020), Aparatur Dusun Teratai Lamtemen Timur,  Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh  menyalurkan bantuan berupa ratusan masker kepada seluruh kepala keluarga di Dusun Teratai untuk dapat digunakan pada kegiatan sehari-hari seperti bekerja, dan melaksanakan salat berjamaah di mushalla.

Kepala Dusun Teratai Riazil S.Sos menyampaikan mengimbau masyarakat Dusun Teratai untuk mematuhi arahan pemerintah antara lain, sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker, hindari keramaian, menjaga jarak dan tetap d irumah saja.

Riazil menambahkan, pembagian masker ini menjadi fokus perhatian kepada kelas bawah karena mereka dinilai rawan ketika beraktifitas hal ini diakibatkan tidak memakai masker dan kurang memperhatikan kesehatan masing-masing.

Riazil juga menambahkan bersama perangkatnya terus bekerja keras untuk memantau kondisi social masyarakat di wilayah Dusun Teratai, dia pun selalu mengingatkan masyarakat terus menjaga jarak  ( social distancing/physical distancing ) dengan sesama warga lain, selain meperhatikan kesehatan tubuh dengan asupan makanan bergizi dan menggunakan vitamin C dan E.

”Kita harus bisa melindungi mulut, hidung, mata, dan kebersihan tangan. Itulah pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona. Manfaat masker itu sangat besar untuk melindungi diri dari ancaman wabah virus covid-19, selain membiasakan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan bahwa ini merupakan bantuan kedua yang diberikan oleh pihaknya diawal diberlakukannya himbauan pemerintah untuk tetap dirumah saja, pihaknya bersama dengan Pemuda Dusun Teratai, BKM Al-Hidayah dan Remaja Mushalla Al-hidayah telah menyalurkan bantuan bahan pokok kepada puluhan warga rentan di sekitar Dusun Teratai.

Lebih lanjut Riazil mengingatkan kepada pemerintah baik legislatif dan eksekutif, perlu dipikirkan untuk membantu masyarakat dalam bentuk bantuan bahan pokok mengingat ramadhan akan tiba dalam dua minggu ke depan. Sehingga himbauan yang disampaikan dapat dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat. (ra)