Camat Pidie Bantu Keluarga Isolasi Mandiri

Paket sembako sumbangan pribadi Camat Pidie, Miswar Sulaiman S.Sos MM kepada keluarga yang menjalani isolasi Mandiri di Gampong Gajah Ayee, Pidie, Minggu (13/4).

SIGLI (RA) – Camat Pidie, Miswar, S.Sos, MM menyerahkan bantuan sembako secara pribadi kepada keluarga yang menjalani isolasi mandiri di Gampong Gajah Aye, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, Minggu (12/4).

Bantuan ini diterima langsung oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Gampong Gayah Ayee, Sukarni. ” Kami sangat berterima kasih atas bantuan ini,” sebut Sekdes Gampong Gayah Ayee,

Menurut Camat Miswar kepada Rakyat Aceh, ia selaku pucuk pimpinan kecamatan punya tanggungjawab moral terhadap keluarga yang diisolasi mandiri di rumah karena imbas dari bencana virus corona (Covid 19)

“Kita tergugah dengan musibah tersebut, serta mendatangi desa terkait dan menjumpai Sekdes Gampong Gajah Ayee dan tokoh masyarakat untuk menitip pesan agar melakukan penyemprotan terhadap rumah rumah warga dan tempat lainnya,” terang Miswar.

Disebutkan, keluarga yang diisolasi tersebut satu rumah, tapi dua Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 8 orang yang mendiami satu rumah. “Ini awal bantuan Sembako meskipun tidak seberapa nilainya,” ujarnya.

Sebelumnya, pihak RSUD Tgk Chiek Ditiro Sigli, menyatakan bahwa ada seorang pria berusia 34 tahun terinfeksi (positif) dengan Covid-19.

Kalangan medis yang merawat pria yang akhirnya diketahui warga Desa Gampong Gayah Ayee, bersangkutan datang dari Medan, Sumatera Utara ubruk melihat keluarganya di Gampong Gayah Ayee.

Namun, pada tanggal 8 April 2020, bersangkutan subuh hari diantar keluarganya dengan mobil rental ke RSU Swasta di Pusat Kota Sigli. Dan, akhirnya dirujuk ke RSUD Tgk Chiek Ditiro akibat batuk dan pening kelelahan berlebihan.

Setelah menjalani pemeriksaan berulang kali, terakhir sesuai hasil Rapid Test, pasien tersebut dinyatakan positif terinfeksi Covid 19. Pun begitu, masih harus dikuatkan hasil Swab dari RSUZA Banda Aceh.

Sekdes Gampong Gajah Ayee, Sukarni kepada wartawan sebelumnya menyatakan keprihatinannya dengan musibah tersebut, sehingga warga nya kesulitan mencari pekerjaan sampingan bertukang ke tempat lain.

Ia juga mwnyebutkan, hasil pertanian dari kampungnya sulit dipadarkan sekarang ini, semisal hasil bumi padi, tomat, cabai, sawi, serta lainnya. “Saya, berharap pemerintah membantu pengiriman Sembako bagi warga Gampong Gajah Ayee.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Pidie, Drs Samsul Azhar menjawab Rakyat Aceh menyangkut situasi kondisi Gampong Gajah Ayee menyebutkan, dana desa boleh dimanfaatkan dalam situasi begitu.

“Saya sejak terbit SK Kemendes RI menyangkut penggunaan dana desa terkait Covid 19 sudah saya nyatakan dirapat tingkat kabupaten asal payung hukumnya sudah kuat, terlebih itu dana desa,” kata Samsul Azhar.

Menyangkut penggunaan dana desa, lanjut Samsul Azhar baru sekitar 26 desa dari 730 desa di Pidie, baru menjalani verifikasi dikeuangan Pemkab Pidie untuk pencairannya. Jelasnya, hanya 26 desa itulah baru bisa berbuat untuk penanganan pencegahan Covid 19 untuk desanya

Disinggung lainnya, Samsul Azhar menyebutkan, pihak melalui camat untuk mengingatkan desa desa yang belum mengajukan atau penyampaian APBG 2020, agar segera dipercepat. Jelasnya, harus ada payung hukumnya. (Mag85)