Desa Juli Seutuy Produksi Masker

Desa Juli Seutuy, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, membuka usaha konveksi kepada warga setempat, Minggu (12/4). akhyar rizky/rakyat aceh

BIREUEN (RA)– Dalam rangka meningkatkan penguatan ekonomi masyarakat, Desa Juli Seutuy, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, membuka usaha konveksi kepada warga setempat, Minggu (12/4).

Usaha menjahit ini dikelola bersama dalam rangka membuka lapangan pekerjaan kepada masyarakat, khususnya Ibu Rumah Tangga (IRT) yang tidak memiliki penghasilan tetap.

Dalam menghadapi covid-19, Desa Juli Seutuy melalui TP-PKK desa setempat, telah memproduksi ratusan masker yang dibagikan kepada seluruh warga Gampong Juli Seutuy.

Kemudian mereka juga telah menjahit ribuan masker dari orderan beberapa desa lainnya dalam wilayah Kecamatan Juli, yang dijual dengan harga terjangkau.

Ketua TP PKK Desa Juli Seutuy, Cut Safriannur, A.Md. Farm kepada wartawan mengatakan, program tersebut dilaksanakan atas inisiasi dari Pokja 2 (Pendidikan, keterampilan dan pembangunan koperasi).

Awalnya, pihaknya hanya melaksanakan pelatihan kegiatan menjahit saja, namun seiring berjalan waktu program ini mulai digalakkan oleh ibu-ibu PKK Desa Juli Seutuy.

“Alhamdulillah dengan usaha konveksi tersebut, kami telah menjahit masker, umbul-umbul tenda dan sarung kursi yang sudah mulai banyak orderan,” ujar Cut Safriannur.

Sementara itu, Keuchik Desa Juli Seutuy, Nazaruddin, T. Rusli menyebutkan, dengan adanya program seperti itu, setidaknya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Kami fokus pada pelatihan menjahit agar semua yang berkeinginan bisa belajar dalam pelatihan tersebut. Sehingga dengan ketekunan dan kerjasama warga selama ini, bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi Desa Juli Seutuy,” kata Nazaruddin.

Menurutnya, pengelolaan Dana Desa (DD) harus mampu dikelola menjadi penguatan ekonomi masyarakat, apalagi ditengah melemahnya perekonomian akibat dampak virus Covid-19. (mag84/slm)

Baca Juga...  Warga Suka Ramai Apresiasi Nova Zahara