Disdukcapil Layani Masyarakat Secara Online

Kepala Disdukcapil Lhokseumawe,Taufik, Ssos,. MSP

LHOKSEUMAWE (RA)– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lhokseumawe, tetap memberikan layanan kepada masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan. Walaupun, Provinsi Aceh dan Lhokseumawe sedang dilanda dengan wabah virus Covid-19.

Namun, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat selama wabah Covid-19 itu secara online dan bukan layanan tatap muka.

“Jadi sejak 8 April lalu, kita sudah berlakukan pelayanan administrasi kependudukan secara online dengan menggunakan nomor whatshapp atau lewat SMS,” ucap Kepala Disdukcapil Lhokseumawe,Taufik, Ssos,. MSP, melalui sekretarisnya, Munir, dikonfirmasi Rakyat Aceh, Senin (13/4).

Ia mengatakan, untuk layanan kepada masyarakat juga sudah dibatasi pada hari kerja yakni dari pukul 09.00-12.00 WIB.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Walikota Lhokseumawe. “Kita juga sudah menyempaikan surat itu kepada gampong-gampong yang ada di Kota Lhokseumawe,”katanya.

Sebut dia, pembatasan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil ini hanya untuk mengantisipasi penyebaran dan pencegahan virus corona di Lhokseumawe. “Pelayanan yang kita berikan lancar-lancar saja dan stok blanko mencukupi. Cuma pola kerja dan waktu kerja yang terjadi perubahan,”ujarnya.

Ia juga berharap kepada masyarakat untuk lebih pro aktif membantu pemerintah dalam hal memutuskan mata rantai penyebaran wabah corona di Lhokseumawe.

Tentunya, apa yang telah diimbau dan dikeluarkan instruksi dari pemerintah harus patuhi.

Sementara itu, untuk pelayanan secara online bagi masyarakat bisa menghubungi dan mengirim data kepada Disdukcapil Lhokseumawe.

Masing-masing untuk pelayanan dokumen kependudukan (0821 6576 7982), pelayanan akta kelahiran dan kematian (0821 6576 7383) serta pelayanan NIK, KK dengan nomor handphone (0821 6576 7984).

Namun, ketika sudah selesai proses pembuatan administrasi kependudukan maka baru dihubungi masyarakat untuk dapat langsung mengambil kantor Disdukcapil Lhokseumawe. (arm/msi)

Baca Juga...  Komplotan Pencuri Ternak Pakai Mobil Diciduk