Update Corona 14 April 2020: Perkembangan 10 Negara ASEAN

Warga yang mewaspadai virus corona menggunakan masker wajah saat melintasi kawasan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (3/3). Foto : Ricardo/JPNN.com

comJAKARTA – Pandemi virus corona masih terus meluas ke berbagai negara. Data terbaru hingga Selasa (14/4) siang, menunjukkan jumlah infeksi Covid-19 yang dilaporkan di dunia mencapai 1.926.235 kasus.

Sementara itu, di negara-negara ASEAN, wabah virus corona juga telah dilaporkan ke seluruh negara anggota. Melansir worldometer, berikut adalah perkembangan terbaru wabah virus corona di negara-negara ASEAN, Selasa (14/4), pukul 14.40 WIB:

1. Brunei Darussalam

Jumlah kasus virus corona yang telah dikonfirmasi di Brunei Darussalam sebanyak 136 kasus. Dari jumlah tersebut, jumlah pasien yang sembuh telah mencapai 107 orang. Ini terbilang tinggi persentasenya.

Adapun pasien positif corona yang meninggal mencapai 1 orang.

2. Kamboja

Total kasus virus corona yang dilaporkan di Kamboja hingga Selasa (14/4) mencapai 122 kasus.

Dari seluruh kasus yang dikonfirmasi, belum ada kasus kematian yang dilaporkan. Sementara itu, 91 pasien telah dinyatakan sembuh.

Beberapa langkah penutupan aktivitas dan menutup akses warga asing masuk sudah dipalukan pemerintah setempat.

3. Indonesia

Data per Senin (13/4), jumlah kasus infeksi Covid-19 di Indonesia mencapai 4.557 kasus. Dari jumlah tersebut, 399 pasien meninggal dunia dan 380 telah dinyatakan sembuh.

Kasus-kasus ini telah tersebar ke 34 provinsi di Indonesia dengan laporan terbanyak di wilayah DKI Jakarta.

Beberapa waktu lalu, pemerintah DKI Jakarta juga telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menahan penyebaran virus corona lebih luas. Kemudian disusul kota penyangganya, seperti Bogor, Depok, dan Bekasi, yang efektif per 15 April

4. Laos

Jumlah kasus virus corona di Laos mencapai 19 kasus. Dari kasus-kasus yang dikonfirmasi, belum dilaporkan adanya kasus kematian maupun pasien yang sembuh.

Kendati masih kecil, pemerintah Laos sudah melakukan langkah pembatasan, bahkan evwnt olahraga nasional dibatalkan.

Baca Juga...  Rumah Warga Kota Bogor dan Tempat Usaha Rusak Akibat Angin Kencang

5. Malaysia

Data terbaru menunjukkan jumlah kasus virus corona di Malaysia sebanyak 4.817 kasus. Dari seluruh kasus tersebut, dilaporkan 77 kasus kematian.

Sementara, 2.276 pasien telah dinyatakan sembuh.

Malaysia telah memutuskan untuk memperpanjang masa karantina sampai 28 April, akibat semakin tingginya lonjakan kasus yang terjadi.

6. Myanmar

Hingga kini, Myanmar telah melaporkan 62 kasus virus corona dengan 3 kematian yang terjadi.

Sementara, 4 orang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Pemerintah Myanmar telah menangguhkan penerbitan visa masuk untuk sementara waktu mulai 29 Maret lalu. Upaya ini dilakukan untuk menahan penyebaran virus di wilayah Myanmar.

7. Filipina

Jumlah kasus Covid-19 yang telah dicatatkan di Filipina sebanyak 4.932 kasus.

Dari jumlah tersebut, 315 pasien telah meninggal dunia dan 242 orang dinyatakan sembuh.

Melihat wabah yang masih terus terjadi, Presiden Filipina pun memperpanjang penutupan pulau utama negara, Luzon, termasuk Manila, hingga akhir April mendatang. Filipina juga tegas ke warganya yang melanggar aturan karantina.

8. Singapura

Singapura kembali mengalami peningkatan kasus virus corona. Jumlah kasus infeksi Covid-19 di wilayah Singapura saat ini adalah 2.918 kasus.

Adapun 586 orang telah dinyatakan sembuh dan 9 pasien dinyatakan meninggal dunia.

9. Thailand

Thailand telah mengonfirmasi 2.613 kasus infeksi Covid-19 yang terjadi di negaranya. Ini ada penambahan 34 kasus dari hari sebelumnya Senin (13/4).

Dari jumlah tersebut, 41 orang meninggal dunia. Sementara 1.405 pasien telah dinyatakan sembuh.

Merespons kondisi terkini dari wabah virus corona, Pemerintah Thailand memperpanjang pelarangan seluruh penerbangan penumpang untuk mendarat di negara mereka selam 12 hari lagi, yaitu hingga 18 April 2020. Mereka juga memberlakukan jam malam.

10. Vietnam

Di Vietnam, jumlah kasus virus corona yang telah dikonfirmasi mencapai 265 kasus.

Hingga kini, belum ada kasus kematian yang diumumkan terjadi akibat Covid-19 di Vietnam. Sementara 155 pasien telah dinyatakan sembuh. (mg8/jpnn)

Baca Juga...  Pemerintah Terus Dorong dan Memperhatikan Vaksinasi COVID-19