Satpol Airud Patroli Lewat Jalur Laut

Patroli : Satuan Kepolisian Air dan Udara (Sat Pol Airud) melakukan patroli rutin terhadap kemungkinan masuknya TKI yang pulang dari daerah merah (red zone), seperti Malaysia, Thailand dan lain sebagainya. For Rakyat Aceh

LHOKSEUMAWE(RA) – Mengantisipasi penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) di wilayah hukum Polres Lhokseumawe, khususnya jalur laut, Satuan Kepolisian Air dan Udara (Sat Pol Airud) melakukan patroli rutin terhadap kemungkinan masuknya TKI yang pulang dari daerah merah (red zone), seperti Malaysia, Thailand dan lain sebagainya.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan melalui Kasat Pol Airud Iptu Saiful Bahri mengatakan, sejak merebaknya isu wabah corona, pihaknya intens melakukan patroli terhadap boat-boat nelayan mulai dari Kuala Jambo Aye hingga Krueng Mane, Selasa (14/4).

Patroli rutin tersebut juga bagian dari upaya menindaklanjuti maklumat Kapolri untuk memantau setiap orang masuk atau pulang, baik dari dalam dan luar negeri untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sejak awal Maret 2020, kita telah melakukan patroli secara intens dengan menggunakan Kapal Patroli C3-002 dan juga Rubber Boat, terhadap boat-boat nelayan yang kemungkinan mengangkut TKI yang pulang dari daerah tertular (red zone),” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Panglima Laut dan nakhoda dan meminta mereka ikut serta memantau setiap TKI yang pulang ke Aceh dengan menumpang boat mereka.

“Kepada mereka kita mengimbau untuk ikut serta memantau TKI yang pulang. Dan bila ditemukan, agar segera melapor ke posko-posko percepatan penangan Covid-19 yang ada, atau meminta mereka untuk melakukan isolasi mandiri di rumah dan tidak berkeliaran,” sebut Iptu Saiful Bahri.

Lebih lanjut dijelaskannya, hingga saat ini, di wilayah hukum Polres Lhokseumawe, khususnya jalur laut, belum ditemukan ada TKI yang masuk secara diam-diam dengan menumpang boat-boat nelayan.

Ia juga mengapresiasi sinergitas Panglima Laut dan nakhoda dengan Pol Airud Polres Lhokseumawe dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Coivd-19 lewat jalur laut,”ungkapnya. (rel/msi)

Baca Juga...  Komplotan Pencuri Ternak Pakai Mobil Diciduk