Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 19 Apr 2020 07:33 WIB ·

Jawab Gonjang-ganjing Virus Corona Dari Kebocoran Lab, Direktur Institut Virologi Wuhan: Tidak Mungkin!


 Institut Virologi Wuhan/Net  Perbesar

Institut Virologi Wuhan/Net

Harianrakyataceh.com – Pihak Institut Virologi Wuhan akhirnya merespons rumor yang menyatakan virus corona baru (Covid-19) berasal dari kebocoran laboratorium di sana.

Dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah dimuat kembali oleh CNA pada Minggu (19/4), Direktur Institut Virologi Wuhan, Yuan Zhiming menyanggah klaim bahwa laboratorium dengan tingkat keamanan tertinggi tersebut menjadi sumber pandemik. Yuan mengatakan bahwa mustahil virus corona baru berasal dari laboratoriumnya. Pasalnya, tidak ada satupun stafnya yang terinfeksi virus tersebut.

Ia juga mengatakan telah memberikan penjelasan mengenai hal tersebut pada Februari dan telah berbagi informasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak Januari. Menurutnya, saat ini, pihaknya pun tengah melakukan penelitian terkait dengan virus yang juga dicurgai berasal dari pasar makanan laut Wuhan itu. “Saya tahu itu tidak mungkin,” sanggah Yuan. “Sebagai orang yang melakukan studi virus, kami jelas tahu jenis penelitian apa yang dilakukan di institut dan bagaimana institut mengelola virus dan sampel,” tambahnya menjelaskan. Lebih lanjut, ia mengatakan, jangan karena virus corona baru pertama kali diidentifikasi di Wuhan, maka dikaitkan dengan laboratorium P4  yang sangat ketat. Media pun, katanya, selalu membuat arus menyesatkan. Ia kemudian memberikan contoh laporan dari Washington Post dan Fox News yang mengutip sumber-sumber anonim untuk menyuarakan kekhawatiran bahwa virus corona, secara sengaja atau tidak, muncul dari Institut Virologi Wuhan.

Yuan mengatakan laporan-laporan itu seluruhnya didasarkan pada spekulasi tanpa bukti atau pengetahuan. Sebelumnya, kabar virus corona baru muncul dari lab Wuhan kembali disuarakan oleh Amerika Serikat. Di mana Menteri Luar Negeri Mike Pompeo meminta China untuk memberikan transparansinya. EDITOR: SARAH MEILIANA GUNAWAN

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Pj Gubernur Dampingi Menko PMK Kunjungi Warga Penerima Bantuan Pemerintah

27 March 2024 - 22:21 WIB

Upaya Stabilitasi Harga, Pemkab Aceh Besar Gelar Bazar Pangan Murah di Simpang Tiga

27 March 2024 - 17:42 WIB

Pj Bupati Aceh Besar dan Kapolresta Banda Aceh Launching Kampung Bebas Narkoba di Lheu Blang

27 March 2024 - 17:34 WIB

PLN UID Aceh Siap Mendukung PON XXI Aceh – Sumut 2024

27 March 2024 - 17:13 WIB

Trending di EKBIS