Hasil tes swab RT-PCR di Laboratorium Balitbangkes Aceh, menunjukan dua orang positif terpapar Covid-19. (al amin/rakyat aceh)

BLANGKEJEREN (RA) – Hasil tes swab Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Laboratorium Balitbangkes Aceh, menunjukan dua orang positif terpapar Covid-19.

Penelusuran media ini, seorang Pasien Dalam Pangawasan (PDP) warga Kecamatam Putri Betung telah dirujuk ke Rumah Sakit Zainal Abidin, karena hasil swab menyatakan positif Corona.

Sebelumnya selama 7 hari dia berada di RSUD Cut Mutia Lhokseumawe. Pada 18 April 2020 lalu setelah hasil keluar dia kemudian dibawa ke Banda Aceh.

Dokter Safwan Sp. B Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penangangan Virus Corona Gayo Lues, Minggu (19/4) menyebutkan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, anak dan istri serta seluruh anggota keluarga kontak langsung serta beberapa tenaga medis di kecamatan Putri betung sudah dilakukan karantina.

“Mereka yang dikarantina ini telah diuji rapid test dan hasilnya negative. Namun mereka tetap menjalani karantina,” ujar Dokter Safwan.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Virus Corona Gayo Lues, Suhaidi, menyebutkan keluaraga pasien positif Corona sebanyak lima orang dan juga keluarga terdekat saat ini sudah dilakukan rapid tes dan hasilnya negatif.

Minggu depan terhadap mereka yang dikarantina akan dilakukan rapid tes kembali untuk melihat perkembangannya. Bila memang normal keluarga akan dikembalikan ke kampung halaman,” ujar Suhaidi yang juga Kepala Pelaksana BPBD Gayo Lues

Positif Covid-19 kedua adalah seorang PDP yang dirawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tgk Chik di Tiro, Sigli. Sebelumnya, pasien warga Medan itu sempat dilakukan Rapid Test pada Kamis (9/4) lalu. Pasien tersebut diketahui memiliki riwayat perjalanan yaitu baru pulang dari Medan.

Direktur RSUDZA Banda Aceh, Dr. dr. Azharuddin, Sp, menyebutkan, pasien sempat dilakukan Rapid Test pada Kamis (9/4) sebelum dilakukan Swab Laboratorium.

Pasien tersebut diketahui memiliki riwayat perjalanan yaitu baru pulang dari Medan.

“Kita baru menerima hasil tes swab bersangkutan hasilnya positif. Segera dirujuk ke RSUDZA,” ujarnya. (yud/min)