LANGSA (RA) – Pemerintah Kota Langsa menerima 2.031 paket sembako dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh, untuk disalurkan kepada masyarakat miskin di kota tersebut yang perekonomiannya terdampak sejak mewabahnya Virus Corona atau Covid-19.

Paket sembako yang diangkut dalam 6 unit truck tersebut, diserahkan oleh Sekretaris Dinas Sosial Aceh, Devi Riansyah, diterima oleh Wakil Wali Kota Langsa Marzuki Hamid di halaman kantor Wali Kota Langsa, Selasa 23 April 2020 pukul 14.30 WIB.

Mewakili Kepala Dinas Sosial Aceh, Sekretaris Devi Riansyah menuturkan, bantuan ini diperuntukkan kepada masyarakat miskin yang perekonomiannya terganggu akibat semakin maraknya penyebaran Covid-19 ini. Adapun mereka, seperti para pekerja buruh lepas, pekerja harian lepas, tukang becak, pedagang keliling, dan sejenisnya.

“Dimana masyarakat tersebut perekonomiannya sangat tergantung dari kegiatan sehari-hari,” kata Devi Riansyah yang didamping Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bancana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Aceh, Yanyan Rahmat.

Devi Riansyah mengatakan, pihaknya mewakili Pemerintah Aceh memberikan bantuan ini berdasarkan data yang diterima dari Pemerintah Kota Langsa, yang ditetapkan dalam SK Wali Kota Langsa sejak beberapa hari lalu. Data tersebut merupakan hasil verivali calon penerima bantuan diluar penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) dan bantuan sosial program keluarga harapan(PKH).

Devi menuturkan, merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh tahun 2019, jumlah penduduk Kota Langsa seluruhnya berjumlah 176.811 jiwa dengan angka kemiskinan 18.624 jiwa. Kemudian melalui Kementrian Sosial RI, masyarakat miskin Kota Langsa dibantu 8.450 keluarga penerima manfaat (KPM) atau KK melalui BPNT dan PKH.

Kemudian semenjak mewabahhya Covid-19, Pemerintah Aceh membantu sembako untuk 2.031 KK, maka jika ditambahkan semua bantuan pemerintah terdapat 10.574 KK masyarakat Kota Langsa yang telah dibantu.

Kemudian, kata Devi Riansyah, jika diasumsikan 4 jiwa dalam setiap KK maka terdapat sebanyak 42.296 jiwa masyarakat Kota Langsa yang mendapat bantuan, atau ada sebanyak 36 persen lebih yang medapat bantuan pemerintah.

“Namun, apabila masih ada terdapat masyarakat miskin baru akibat imbas Covid-19 ini, maka di sinilah peran Pemerintah Kota Langsa untuk membantu,” kata Devi Riansyah.

Devi berharap, paket sembako berupa 10 Kg beras, 2 Kg gula pasir, 2 Liter minyak goreng, 4 kaleng sarden, dan 1 kotak mie instan tersebut, dapat meringankan beban warga kurang mampu di Kota Langsa.

“Untuk itu kami berharap, agar bantuan ini tepat sasaran dan diberikan kepada yang berhak sesuai dengan SK yang telah bapak sampaikan ke kami,” ujar Devi Riansyah.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Marzuki Hamid, menyampaikan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan Pemerintah Aceh kepada pihaknya. Menurutnya, masyarakatnya sangat menantikan bantuan dari Pemerintah Aceh, apalagi di tengah kondisi wabah Covid-19 di Aceh.

“Kami atas nama masyarakat Kota Langsa, menyampaikan apresiasi atas bantuan yang diberikan Pemerintah Aceh kepada masyarakat Kota Langsa, umumnya masyarakat seluruh Aceh. Ini adalah program yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat kami. Yang bapak lakukan ini adalah suatu Langkah yang sangat bagus,” katanya, yang juga diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kota Langsa, Armia.

Marzuki Hamid berharap, agar bantuan-bantuan dari Pemerintah Aceh terus berlanjut mana kala ada program-program bantuan lain, sehingga sedikitnya dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu di Kota Langsa.

Selain itu, dia juga memastikan bahwa bantuan nantinya akan dikirimkan ke rumah-rumah warga melalui pilar-pilar sosial dan relawan yang ad di Kota Langsa.

“Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dan Dinas Sosial Kota Langsa yang telah berlelah-lelah untuk bekerja. Namun harus tetap menjaga Kesehatan, agar kita semua terhindar dari wabah virus ini,” katanya. (ra)