Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 27 Apr 2020 07:16 WIB ·

Aceh Besar Targetkan 21.350 Ton Gabah dalam Musim Gadu 2020


 Bupati Aceh Besar Mawardi Ali Perbesar

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali

KOTA JANTHO (RA) – Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali menargetkan, pada musim tanam padi gadu 2020 ini, Kabupaten Aceh Besar akan memperoleh 21.350 ton gabah. Untuk itu, Ir Mawardi Ali mengharapkan semua pihak terkait agar bekerja keras dan selalu berupaya untuk meningkatkan produksi padi di wilayah tersebut.

Menurut Ir Mawardi Ali, apabila kita semua bekerja bersama dan senantiasa komit mengikuti ketetapan dari Pemerintah, maka insya Allah tahun ini Kabupaten Aceh Besar kembali menggapai swasembada pangan sebagaimana yang diperoleh Aceh Besar pada tahun-tahun sebelumnya.

“Semoga musim tanam padi gadu di Aceh Besar tahun ini akan membuahkan hasil maksimal,” ungkap Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, Senin (27/4/2020).

Untuk kesuksesan kegiatan musim tanam padi gadu tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bersama jajaran Kodim 0101/BS akan berbuat maksimal guna mendukung ribuan petani yang akan segera turun ke sawah.

Sebagai wujud dukungan kepada petani, jelas Mawardi Ali, pihaknya akan memberikan bibit dan biaya olah tanah gratis. Sedangkan tanam padi yang diizinkan pada musim gadu ini mencapai 3.124 hektare serta ditambahkan dengan sawah irigasi desa dengan sistem pompanisasi mandiri yang mencapai 480 hektar lebih. Hal tersebut disesuaikan dengan ketersediaan air dari bendungan Krueng Aceh dan Krueng Jreu, yang selama ini sangat berfungsi aktif untuk mengairi persawahan petani di Kabupaten Aceh Besar.

Melalui tanam padi gadu tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan, terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti yang dirasakan sekarang. “Mengawali musim tanam gadu 2020, Pemkab bersama jajaran Kodim 0101/BS telah melakukan pelepasan air di pintu air Seuneubok, Kecamatan Seulimeum pada Minggu (26/4/2020) lalu. Harapan kita bersama, kegiatan tersebut akan membawa manfaat yang besar dan memotivasi para petani pada musim tanam gadu ini,” ucap Bupati Aceh Besar.

Dalam kesempatan itu, Ir Mawardi Ali meminta para Muspika di 23 kecamatan di Aceh Besar supaya dapat mengkoordinasikan dengan tiap ranting pengairan agar penyaluran air dapat selalu lancar serta bisa menjaga pintu air sehingga tidak ditutup sepihak oleh masyarakat. Di samping itu, kepada para penyuluh  pertanian dan mentri tani agar dapat bekerja maksimal serta terus-menerus mendampingi petani untuk mendapat hasil pertanian yang lebih baik.

Bupati Aceh Besar berkeyakinan, jika semua pihak bekerja keras dan selalu mengikuti ketetapan dari pemerintah terkait dengan musim tanam padi tersebut, target hasil padi sebanyak 21.350 ton pada musim tanam gadu di Kabupaten Aceh Besar ini bakal bisa diperoleh, sehingga petani akan sangat terbantu dalam upaya meningkatkan pendapatan dan taraf hidup mereka, apalagi di tengah terpaan musibah Covid-19 seperti sekarang. (imj)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ekonomi Syariah Aceh Mulai Bangkit

29 March 2024 - 19:38 WIB

Jadi Khatib Jum’at, Tgk. H. Musannif Sanusi Ajak Masyarakat Aceh Besar Dekatkan Diri dengan Alquran

29 March 2024 - 18:05 WIB

Luncurkan Markas di Tanah Rencong, Wamenkominfo: Upaya Perkuat Ekosistem Startup di Aceh

29 March 2024 - 10:58 WIB

Bank Aceh Layani Penukaran Uang Menjelang Idul Fitri 1445 H

28 March 2024 - 21:36 WIB

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Kapendam IM Silaturrahmi ke Harian Rakyat Aceh dan PWI

28 March 2024 - 17:45 WIB

Trending di METROPOLIS