Kim Jong-un mengunjungi Pabrik Pupuk Sunchon Phosphatic di sebelah utara Pyongyang, Jumat (1/5). Foto: KCNA

Harianrakyataceh.com, PYONGYANG – Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un kembali muncul setelah surut dari publik selama beberapa pekan. Kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) milik pemerintah Korut mengabarkan Jong-un menghadiri seremoni penyelesaian pabrik pupuk.

Foto KCNA memperlihatkan Jong-un yang didampingi Kim Yo-jong mengunjungi Pabrik Pupuk Sunchon Phosphatic di sebelah utara Pyongyang, Jumat (1/5). Dengan wajah tersenyum, Jong-un tampak menggunting pita merah.

Jong-un yang mengenakan baju ala Mao Tse Tung tidak menampakkan tanda-tanda sedang sakit. Para pekerja di proyek pabrik pupuk itu pun terlihat bersorak-sorai menyambutnya.

KCNA menyebut Jong-un dengan kepemimpinannya yang luar biasa telah membawa perubahan baru dalam pengembangan industri pupuk berbasis Juche, serta memimpin kemajuan revolusi besar untuk menguatkan kemandirian ekonomi. Juche merupakan konsep kemandirian yang dicetuskan pendiri Korut Kim Il-sung.

“Dia melihat-lihat berbagai tempat termasuk proses pengolahan bahan baku, proses produksi fosfor kuning, proses produksi pupuk amonium fosfat, dan proses pengemasan, serta diberi tahu tentang proses produksi pabrik tersebut,” tulis KCNA.

Sementara Jong-un mengekspresikan kepuasannya dengan capaian tersebut. Cucu Kim Il-sung itu juga memaparkan cara mengembangkan industru kimia pada orientasi yang tepat sebagaimana dibutuhkan abad baru.

Kemunculan Jong-un itu merupakan yang pertama sejak penampakannya terakhir kali di depan publik pada 11 April lalu dalam rapat Politbiro Partai Buruh Korea. Spekulasi tentang Jong-un menguat setelah ketidakhadirannya dalam perayaan hari ulang tahun Kim Il-sung di Istana Kumsusan Matahari pada 15 April silam.

Beberapa kalangan yang merujuk laporan intelijen menyebut Jong-un dalam status vegetatif setelah menjalani prosedur kardiovaskular. Sementara kalangan lainnya ada yang meyakini Jong-un telah meninggal dunia.(yonhap/ara/jpnn)