Banda Aceh (RA) – Senator DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi, mengajak semua kalangan di Aceh untuk memperbanyak ibadah selama Ramadan 2020.

Hal ini disampaikannya saat memberi ceramah di Masjid Al Faizin, Lampeneurut, Kabupaten Aceh Besar, Jumat malam 2 Mei 2020.

“Diantara banyak persoalan dan tantangan yang kita hadapi saat ini, terutama saat wabah Corona seperti sekarang, kita harus mengambil sisi positif. Berpikir positif di tengah-tengah ujian yang sedang melanda saat ini,” ujar senator yang akrab disapa dengan sebutan Syech Fadhil ini.

Syech Fadhil memberi contoh, wabah Corona membuat pemerintah mengeluarkan intruksi agar warga lebih banyak berdiam diri di rumah.

“Sisi positifnya, waktu bersama keluarga lebih banyak. Momen ini harusnya dipergunakan untuk beribadah serta melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya dari rumah. Memperbanyak membaca Alquran serta ibadah-ibadah lainnya,” ujar mantan ketua ikatan alumni timur tengah ini.

“Untuk ASN dan pegawai negara lainnya, pergunakan kesempatan ini untuk beribadah serta waktu yang optimal bersama keluarga,” kata Syech Fadhil.

Sedangkan bagi pekerja lepas, kata Syech Fadhil, ini adalah ujian yang harus memperbanyak sabar dan tawakal kepada Allah Swt.

“Ini juga ladang amal bagi orang-orang yang memiliki kemudahan untuk membantu para pekerja lepas yang membutuhkan.

Memperbanyak sedekah, apalagi sekarang bulan Ramadan,” ujar Syech Fadhil yang mencetus gerakan tiada hari tanpa sedekah selama wabah Covid-19 melanda Indonesia.
Selain bersedekah pribadi, Syech Fadhil juga mengintruksikan seluruh timnya untuk membantu warga yang terpapar ekonomi akibat Corona. Gerakan ini menjalar hingga ke kabupaten kota.

Dalam ceramahnya, Syech Fadhil juga berharap pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu warga melalui krisis.

Baca Juga...  Rumah Warga Kota Bogor dan Tempat Usaha Rusak Akibat Angin Kencang

“Isyaallah jika kita bersatu dan bersama-sama, masa masa sulit ini akan mampu kita lalui dengan baik,” ujarnya.

Usai ceramah, Syech Fadhil juga bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat di Lampeuneurut hingga salat tarawih bersama. (ra)